News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

UMKM Binaan Pertamina Sukses Catat Transaksi Miliaran di Pameran Internasional

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pertamina menghadirkan UMKM Binaan ke Pameran CAEXPO 2024 di Tiongkok, serta memperkenalkan produknya dalam Temu Bisnis dengan berbagai pengusaha Tiongkok di sela acara pameran.

TRIBUNNEWS.COM - PT Pertamina (Persero) menutup partisipasinya dalam The 21st China ASEAN Expo 2024 (CAEXPO 2024) dengan sejumlah pencapaian mengesankan, termasuk kesepakatan transaksi UMKM binaannya yang mencapai lebih dari Rp 2 miliar dengan pembeli asal Tiongkok.

Selain itu, Pertamina berhasil mempertemukan berbagai pelaku usaha untuk memperluas jaringan pemasaran mereka dan membuka peluang kolaborasi baru dengan pembeli internasional.

Selama pameran, Pertamina menampilkan berbagai produk UMKM inovatif di antaranya produk makanan, kerajinan, dan kecantikan yang mendapat perhatian luas dari para pengunjung.

Partisipasi ini tidak hanya meningkatkan visibilitas produk mitra binaan tetapi juga membuka peluang untuk ekspansi ke pasar internasional serta menjalin kerjasama dengan mitra bisnis di kawasan ASEAN dan Tiongkok.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengungkapkan, Pertamina berkomitmen untuk mendukung pengembangan UMKM binaannya melalui program pelatihan, akses ke teknologi, dan jaringan pemasaran.

“Dengan semangat kolaborasi, diharapkan UMKM dapat meningkatkan daya saing dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi nasional,” tambah Fadjar.

Produk kecantikan dari UMKM Bali Ayu Nature menjadi incaran utama para pengunjung. Salah satu pembeli besar asal Tiongkok, Ding Wei, menyepakati transaksi senilai lebih dari Rp 2 miliar untuk produk body mist dan diffuser.

Selain itu, dua eksportir besar dari Tiongkok juga menunjukkan minat besar terhadap produk kecantikan Bali Ayu dan berencana melakukan pembelian dalam jumlah besar.

Baca juga: Pertamina MotoGP Experience Gallery, Museum MotoGP Pertama di Dunia dengan Koleksi Otentik

Produk peralatan makan kayu dari UMKM Woodeco juga turut banyak diminati pengunjung selama pameran. Setidaknya ada 3 (tiga) buyer besar Tiongkok yang berminat mendatangkan produk ini dalam skala besar. Mereka sudah meminta katalog produk beserta harganya dan membeli sampel produk atas barang yang diminati. 

Saat kegiatan Business Matching, produk makanan dari Fish Skin menarik 2 (dua) perusahaan China yakni Shenzhen Shenhang Trade Ltd dan Beijing Jin San Fu Trading Co. Perusahaan Shenzhen bahkan sudah menunggu penawaran harga dari UMKM Fish Skin.

Disamping itu ada designer Singapura, Aivie yang juga tertarik dengan kain tenun premium NTB. Untuk transaksi retail selama pameran, lebih dari 80 persen produk UMKM binaan Pertamina habis terjual.

Dengan dukungan dari Pertamina, UMKM diharapkan mampu terus berinovasi dan meningkatkan daya saing di pasar global. Melalui keikutsertaan dalam pameran internasional, Pertamina berkomitmen mendukung UMKM Indonesia dalam memaksimalkan potensi mereka serta memperluas akses ke pasar domestik maupun internasional.

Keberhasilan ini menjadi langkah awal untuk meningkatkan kolaborasi antara UMKM dengan berbagai pihak di kawasan ASEAN, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan.

“Pertamina optimis bahwa UMKM binaannya akan terus tumbuh dan berkontribusi signifikan terhadap perekonomian nasional,” pungkasnya.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina. (*)

Baca juga: Ramaikan MotoGP 2024, Pertamina Gelar Energizing You Festival dengan Beragam Hiburan dan Kuliner

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini