News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Dukung Kesejahteraan Anak-Anak Pekerja, IHC Hadirkan Daycare Berkualitas di Kantor Pusat Pertamina

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur Keuangan Pertamina Emma Sri Martini saat meninjau fasilitas yang ada di Day Care Pertamina di Kantor Pusat Pertamina, Jakarta. Jumat (11/10/2024).

TRIBUNNEWS.COM - PT Pertamina Bina Medika IHC (IHC), Holding Rumah Sakit (RS) BUMN, kembali berinovasi dalam mendukung kesejahteraan pekerja PT Pertamina (Persero). Dalam rangkaian Employee Well-being Week & Health Expo yang berlangsung tanggal 7-11 Oktober 2024, Pertamina melakukan re-launching fasilitas Daycare di Kantor Pusat Pertamina yang berlokasi di Jl. Medan Merdeka Timur 1A, Jakarta Pusat.

Pertamina mempercayakan pengelolaan Daycare ini kepada Klinik Pertamina IHC, salah satu unit usaha IHC. Klinik Pertamina IHC mengelola fasilitas tersebut dengan menerapkan sistem yang terstruktur serta melibatkan tenaga profesional yang terlatih dan berpengalaman. 

Daycare ini terbagi menjadi dua unit terpisah, satu untuk bayi usia 3 hingga 11 bulan dan satu lagi untuk toddler usia 1 hingga 5 tahun, untuk memastikan fokus dan kualitas pengasuhan yang optimal.

Mengusung metode pendidikan Montessori, Daycare ini memberikan kebebasan kepada anak-anak untuk belajar sesuai dengan minat dan bakat mereka, menciptakan suasana yang mendukung kreativitas dan perkembangan kognitif anak. 

Adapun Daycare ini diasuh langsung di bawah pengawasan dan standar Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia.

Klinik Pertamina IHC telah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) bermutu untuk mengelola Daycare ini. Terdiri dari bidan berpengalaman, perawat ahli, dan tenaga dari Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini. Seluruh tenaga ini telah tersertifikasi dan dilatih sesuai dengan standar Kementerian PPPA.

Daycare ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas premium yang mendukung kenyamanan anak-anak, seperti mainan edukatif, tempat tidur, ruang belajar, lingkungan bermain yang terpisah, serta sistem pengawasan melalui CCTV yang memberikan rasa aman bagi orang tua yang mempercayakan anak-anak mereka di sini.

Kedepannya Klinik Pertamina IHC juga berencana untuk mengembangkan layanan ini dengan menghadirkan dokter spesialis anak yang akan secara rutin mengunjungi Daycare untuk memantau tumbuh kembang anak-anak.

Baca juga: UMKM Binaan Pertamina Berhasil Raih Predikat Best Eco Friendly di Jakarta Muslim Fashion Week 2024

Plt. Direktur Utama IHC dr. Lia Gardenia Partakusuma menyampaikan harapannya agar Daycare ini dapat memberikan manfaat maksimal bagi anak-anak pekerja Pertamina dan perusahaan-perusahaan BUMN lainnya di seluruh Indonesia. 

"IHC sebagai anak perusahaan Pertamina sangat bangga dapat mendukung kesejahteraan keluarga pekerja Pertamina melalui fasilitas Daycare ini. Ini bukan hanya sekedar tempat pengasuhan, tetapi juga pusat pendidikan dan tumbuh kembang yang dapat merangsang kreativitas, kepercayaan diri, dan keterampilan sosial mereka sejak dini," ujar dr. Lia.

Senada dengan dr. Lia, dalam hal pengelolaan SDM Devi D Pritasari selaku Direktur Klinik Pertamina IHC juga menggarisbawahi pentingnya kompetensi dan kecerdasan emosional para tenaga pengasuh. 

"Klinik Pertamina IHC telah menyiapkan tim pengasuh Bidan, tenaga perawat profesional untuk pengasuh bayi, dan lulusan PGTK untuk mengasuh Toddler. Mereka bersertifikasi ramah dan memahami hak anak dari Kementerian PPPA. Kami berupaya menciptakan lingkungan Daycare yang aman, hangat, dan sehat untuk pertumbuhan psikologis anak," jelas Devi.

"Fasilitas Daycare menjadi bagian penting dalam mewujudkan well-being di lingkungan kerja PT Pertamina (Persero) dan kami berharap dapat melayani kebutuhan Daycare BUMN lain, agar para pekerja dapat lebih optimal berkontribusi kepada perusahaan dan negeri kita tercinta. Bersama kita dapat mewujudkan Indonesia Emas 2045 dengan generasi penerus yang sehat," tambah Devi.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso menambahkan bahwa Pertamina peduli kesehatan dan kesejahteraan pekerja, agar dapat bekerja dengan optimal sehingga menghasilkan kinerja yang terbaik.

"Dengan adanya berbagai fasilitas pendukung untuk pekerja, termasuk Daycare, Pertamina berharap para pekerja dapat bekerja dengan tenang dan fokus, sehingga pekerja memiliki mental yang sehat dan produktivitas pekerja bisa optimal," jelas Fadjar.

Acara peresmian Daycare ini dihadiri sejumlah manajemen dari PT Pertamina (Persero) dan IHC, termasuk Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) Emma Sri Martini, SVP Human Capital Development PT Pertamina (Persero) Edy Karyanto, Plt. Direktur Utama IHC dr. Lia Gardenia Partakusuma, Direktur Keuangan IHC Alvin Christian, Direktur Komersial IHC dr. Harmeni Wijaya, serta Direktur Klinik Pertamina IHC Devi D Pritasari.

Baca juga: Komitmen Informasi Publik Berkelanjutan, Pertamina Raih 12 Penghargaan Kehumasan

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini