News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pipres 2019

ICW: Bawaslu Tak Bergantung Pada Kehadiran Andi Arief Buat Rekomendasi Dugaan Mahar Politik Sandiaga

Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Andi Arief, Prabowo dan Sandiaga.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesian Corruption Watch (ICW) mendorong Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) lebih aktif dalam penanganan isu mahar dari Sandiaga Uno kepada PKS dan PAN masing-masing sebesar Rp 500 miliar.

Hal itu disampaikan Peneliti Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW) Almas Sjafrina dalam keterangan tertulisnya kepada media, Minggu (26/8/2018).

Baca: Sandiaga Siap Klarifikasi soal Dugaan Mahar Politik ke Bawaslu

"Bawaslu seharusnya tidak menjadikan absennya Andi Arief, pihak yang menyebut adanya mahar dari Sandiaga Uno ke PKS dan PAN, sebagai hambatan besar," ujarnya.

ICW mengingatkan Pasal 24 ayat 6 Perbawaslu Nomor 7 tahun 2018 menyebutkan apabila pihak yang dipanggil tidak hadir untuk klarifikasi, pengawas pemilu melakukan kajian berdasarkan bukti yang ada.

Artinya, tegas dia, Bawaslu tidak bergantung pada hadir tidaknya pihak yang dipanggil, yakni Andi Arief untuk membuat kajian, simpulan, dan rekomendasi untuk kepolisian menindaklanjuti penyidikan kasus.

"Kami mendesak Bawaslu RI untuk menangani dengan tuntas dugaan adanya mahar politik dalam pencalonan wakil presiden agar kasus ini tidak lagi berlarut-larut dan menguap begitu saja sebagaimana dugaan mahar politik di pilkada 2015, 2017, dan 2018," tegasnya.

Baca: Lalu Muhammad Zohri Bisa ke Semifinal Olimpiade

Diketahui, Andi kembali tak memenuhi panggilan ke Bawaslu pada Jumat (24/8/2018).

Alasannya, mantan stafsus SBY itu sedang berada di luar kota. Bawaslu meminta klarifikasi Andi Arief terkait isu mahar dari Sandiaga Uno kepada PKS dan PAN masing-masing sebesar Rp 500 miliar.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini