News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2019

Ahmad Sajuli: Waspadai Upaya Kelompok Teroris Masuk di Gerakan Politik Pilpres

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi.Dua orang pria membentangkan poster saat melakukan aksi damai di Medan, Sumatera Utara, Minggu (22/7/2018). Dua aksi bertagar #2019gantipresiden dan #2019tetapjokowi berlangsung tertib dan damai.TRIBUN MEDAN/RISKI CAHYADI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Alumni Pelatihan Militer Afghanistan Ahmad Sajuli menyoroti ramainya soal gerakan #2019gantipresiden yang terjadi di Indonesia.

Ahmad menilai, gerakan #2019gantipresiden disinyalir sebagai gerakan yang mampu menimbulkan peluang bentrokan.

Selain itu, tagar itu juga disinyalir bisa di manfaatkan kelompok Indonesia "jihadis" lokal.

"Chaos adalah peluang bagi "jihadis" untuk mengambil peran, mereka mendambakan chaos di suatu negara," kata Ahmad Sajuli dalam keterangannya, Sabtu (8/9/2019).

Ketua Forum Komunikasi Alumni Afghanistan Indonesia ini juga menyiroti, komunitas anti rezim saat ini memang menemukan komunitasnya, walau masing-masing punya agenda.

Tetapi "jihadis" akan terus memasang mata dan kuping menunggu saat yang ditunggu-tunggu itu yaitu konflik.

Ahmad Sajuli mencontohkan bagaimanan generasi Al-Qaeda hari ini, gerakannya sangat efektif dan mampu membaur bersama ribuan orang dalam sekali waktu, bergerak dengan memanfaatkan perasaan umat Islam, cerdas dalam berorganisasi dan rapi, anggotanya juga disiplin, dan inilah salah satu keunggulan yang sebut sebagai generasi baru milenial Al-Qaeda.

"Dia adalah organisasi yang adaptif, yang telah memanfaatkan kekacauan dan gejolak perubahan revolusioner untuk menciptakan basis operasional dan rumah baru. Mereka menjadi lebih susah diprediksi, lebih otonom dan oportunis, serta lebih kuat, karena Al-Qaeda bisa mendapatkan senjata baru, rekrutan baru, sumber dana baru, serta safe haven baru," ujarnya.

Lebih lanjut, Ahmad Sajuli mengatakan, bagaimana ISIS, juga diuntungkan dengan chaos di sebuah negara, walau tidak secerdas Al-Qaeda, keduanya merupakan ancaman.

Apalagi ancaman menjelang pemilihan umum 2019 yang sekarang gesekannya sudah terasa antara dua kubu.

"Maka, perlu diwaspadai agar jangan sampai upaya kelompok itu memanfaatkan isu politik justru efektif menjadi provokasi yang akan memecahbelah anak bangsa," tegas Ahmad Sajuli.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini