News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

TKN Jokowi Tak Heran Oposisi Sulit Terima Keberhasilan Pemerintah

Penulis: Fransiskus Adhiyuda Prasetia
Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat menandatangani prasasti tiga Jalan Tol Trans Jawa yang diresmikan di Jembatan Kalikutho, KM 383, Kabupaten Kendal, Kamis (20/12/2018)

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Juru bicara Tim Kampanye Nasional Jokowi-KH Ma’ruf Amin Ace Hasn Syadzily  tidak terlalu heran bila oposisi tidak mengakui keberhasilan Jokowi membangun tol Trans Jawa.

“Inilah kalau pihak yang tidak memiliki klaim prestasi tapi untuk mengakui keberhasilan prestasi orang lain saja sulit untuk menerimanya. Perlu kejujuran untuk mengakui apa yang telah diperbuat oleh Pemerintahan Jokowi,” kata Ace di Jakarta, Jumat (21/12/2018).

Apalagi, ujar Ace, kalau menyampaikannya tidak didasarkan pada fakta dan data yang menjadi rujukannya.

Baca: Sempat Sebut Billy Syahputra Kena Pelet Tempe Hilda, Mbah Mijan Beberkan Fakta Baru dan Mohon Maaf

Menurut Ace, seharusnha kubu Prabowo-Sandi bersyukur bahwa di era Jokowi lah Tol Trans dapat terhubung. Itu merupakan prestasi yang luar biasa.

“Dan sebagian besar pembangunan jalan tol itu dilakukan dalam pemerintahan Jokowi dalam waktu yang singkat. 4 tahun,” ujar politisi Golkar itu.

Baca: TKN: Oposisi Mestinya Jujur Akui Prestasi Jokowi Bangun Trans Jawa

Ace mengajak kubu Prabowo-Sandi membaca data. Panjang jalan tol trans Jawa dari Merak hingga Banyuwangi adalah 1.150 kilometer.

Jarak dari Merak hingga Pasuruan sepanjang 933 kilometer. Pembangunan 933 kilometer itu dibangun sejak 1978 hingga akhir tahun 2018. Sebagai gambaran, 242 kilometer dibangun pada periode 1978-2004, kemudian pada 2005-2014 dibangun 75 kilometer.

Sepanjang 616 kilometer, dibangun pada periode 2015-2018. Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memperkirakan ruas Pasuruan-Banyuwangi sepanjang 217 kilometer akan tuntas dibangun pada tahun 2021.

Ace mengakui perencanaannya sudah dilakukan lama di era-era pemerintahan sebelumnya.

“Tapi kemampuan untuk melakukan implementasi dan eksekusi kebijakan, ini memerlukan kepemimpinan yang tak hanya bicara, tapi bekerja. Pak Jokowi telah mampu mengimplementasikan dengan baik,” tegas Ace.

“Jadi, apa yang dilakukan Pemerintahan Jokowi telah mampu menunjukan kerja yang jelas, nyata, terukur dan mendorong produktivitas ekonomi rakyat. Insya Allah dengan tersambungnya  Tol Trans Jawa ini dapat memberikan kesejahteraan & kemaslahatan bagi rakyat Indonesia,” pungkas Ace.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini