News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilpres 2019

Jokowi-Ma'ruf Amin Gagas Rabu Putih, PA 212: Kotak-kotaknya Apa Sudah Luntur?

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Sanusi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Persaudaraan Alumni 212, Slamet Maarif

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Persaudaraan Alumni (PA) 212 Slamet Ma'arif menyindir gerakan "Rabu Putih" yang digagas pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin saat hari pencoblosan.

Dia mempertanyakan perubahan simbol kotak-kotak yang selama ini dipegang kubu Jokowi menjadi warna putih.

"Saya bingung kenapa sekarang kok jadi hilang kotak-kotaknya apa sudah luntur kotak-kotaknya kemudian berubah jadi putih," tutur Slamet di Masjid Agung Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (31/3/2019).

Meski menyindir, Slamet tidak menyoalkan perubahan gaya berpakaian Jokowi dan para pendukungnya. Menurutnya, penggunaan warna putih adalah hak setiap orang.

Baca: Jokowi Bicara Rantai Persahabatan, Mahfud MD Minta Pendukung Capres-Cawapres Bersatu

Namun, Slamet mengingatkan kalau mereka sudah lama menggagas gerakan dengan menggunakan pakaian putih-putih. Mereka tetap akan menjalankan rencana memilih dengan mengenakan pakaian putih-putih.

"Kami akan tetap putihkan TPS di hari H-nya dan tetap akan mengenakan atribut putih-putih. Kalau mereka mau ngikutin ya monggo-monggo saja itu hak mereka, tapi kita bertanya semuanya kemana itu kotak-kotaknya," ujar Slamet.

Baca: Selain Hello My Love, Westlife Rilis Single Terbaru Berjudul Better Man, Cek Liriknya di Sini

Sebelumnya, melalui tulisan tangan pada secarik kertas, Jokowi menuliskan pesan kepada pendukungnya untuk meramaikan TPS dengan mengenakan baju berwarna putih saat hari pencoblosan nanti.

"Gunakan hak pilih kita pada tanggal 17 April 2019. Jangan lupa pilih yang bajunya putih. Karena putih adalah kita. Kita semua ke TPS berbondong-bondong berbaju putih," tulis Jokowi.

Baca: Kampanye Bersama JK, Jokowi Cerita Pembangunan Infrastruktur ke Warga Makassar

Direktur Komunikasi Politik TKN Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Usman Kansong membenarkan adanya tulisan dari Joko Widodo menginstruksikan pendukungnya mengenakan baju berwarna putih saat hari pencoblosan, 17 April 2019.

Usman menjelaskan, tulisan itu langsung ditulis tangan Jokowi setelah melaksanakan kampanye terbuka pada hari pertama, Minggu (24/3/2019) di Banten.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini