News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

PON Papua

Menpora: PON XX Papua Lanjut Terus Karena Semua Peserta Sudah Divaksin Hingga 60-70%

Penulis: Abdul Majid
Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Menpora Zainudin Amali saat diwawancarai setelah meninjau Media Center dan National Broadcast Center di Kantor Gubernur, Jayapura, Rabu (6/10/2021) malam. Tribunnews/Abdul Majid

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAYAPURA – Sebanyak 29 atlet dan ofisial dikabarkan terkonfirmasi positif Covid-19 saat mengikuti PON XX Papua.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali yang mengetahui hal tersebut pun langsung mengambil langkah cepat dengan berkoordinasi dengan Panwasrah PON XX Papua, PB PON, Dinas Kesehatan dan Satgas Covid-19 untuk segera melakukan tracing.

“Saya kira pertandingan-pertandingan di PON telah dilaksanakan dengan prokes ketat dan dengan bubble to bubble. Saya kira PON XX Papua masih lanjut terus karena semua sudah divaksin hingga 60-70%,” kata Menpora, Rabu (6/10/2021).

Menurut Menpora Amali, saat di cluster Mimika dari Dinkes menyatakan mereka tanpa gejala dan CT valuenya sekitar 37-an dan itu masih aman, dua tiga hari kembali di tes sudah negatif.

Kebanyakan mereka diketahui setelah PCR Swab Test akan kembali ke tempatnya masing-masing.

“Jadi, kalau atlet, pengalaman di berbagai tempat termasuk di olimpiade lalu kalau toh mereka juga terkena (Covid-19) itu recoverynya sangat cepat karena daya tahan tubuhnya bagus," kata Menpora Amali.

"Secepatnya saya akan koordinasi dengan Panwasrah dan Bidang Kesehatan PB PON dan Satgas untuk tracing. Dari informasi, yang satu kamar dengan mereka begitu di tracing negatif. Kita harus tahu darimana terkena karena ini bubble to bubble,”

"Saya kira kita harus tangani bersama-sama dan kalau dilihat dari cluster Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Timika dan Merauke ini semuanya hampir menginformasikan semuanya ada,” jelas Menpora.

Seperti diketahui, pemerintah dari awal persiapan PON Papua terus mendorong agar masyarakat divaksin betul. Sebab, jika sudah divaksin maka recoverynya cepat dan tidak akan lama. 

“Penonton sekitar cluster sudah sekitar 60-70% divaksin minimal vaksin tahap pertama dan selalu memakai masker serta menjaga jarak. Karena PON ini adalah kebanggaan masyarakat Papua, pestanya mereka jadi kita hanya bisa mengatur, tapi untuk melarang ketat tidak bisa mereka akan berkerumun lagi,” pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini