News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ramadan 2016

Trik Agar Badan Tetap Sehat Selama Berpuasa

Editor: Anita K Wardhani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi.

 TRIBUNNEWS.COM – Puasa itu menyehatkan, asal dijalankan dengan benar.

Saat menjalankan puasa kita diharuskan untuk menahan makan dan minum selama satu hari penuh. Tapi, bukan jadi alasan kita untuk lemah selama berpuasa.

Nah, agar tetap sehat saat puasa selama Ramadan, perhatikan beberapa hal berikut ini, yuk!

Jangan Lewatkan Sahur
Pastinya juga jangan sampai Anda melewatkan sahur. Melewatkan sahur sama saja memperpanjang waktu Anda berpuasa, waktu Anda menahan rasa haus dan lapar.

Sahur sebenarnya adalah waktu yang tepat untuk tubuh mendapatkan asupan nutrisi dan energi yang dibutuhkan, sampai waktu berbuka tiba.

Ingat Porsi Makan Saat Berbuka
Jangan terlalu banyak makan atau minum saat berbuka puasa.

Terlalu banyak makan saat berbuka hanya akan membuat berat badan Anda bertambah, bukan berkurang.

Dr Razeen Mahroof, ahli anestesi dari Oxford, mengatakan terlalu banyak makan atau minum saat berbuka tidak sehat.

Dr Mahroof juga mengatakan asupan makanan harus sederhana dan tidak terlalu berbeda dengan porsi makanan sehari-hari.

Tentunya porsi makanan tersebut harus mengandung buah dan sayuran, roti/sereal/kentang, daging/ikan/susu/produk olahan susu, serta makanan yang mengandung lemak dan gula.

Asupan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks membantu melepaskan energi secara perlahan selama puasa. Karbohidrat kompleks terkandung di dalam barley, gandum, oat, millet, semolina, kacang-kacangan, biji-bijian, tepung gandum dan beras basmati.

Makanan yang kaya akan serat juga akan dicerna perlahan oleh tubuh. Makanan yang kaya akan serat tersebut misalnya sereal, gandum, biji-bijian, kentang yang dikonsumsi bersama kulitnya, sayuran dan buah-buahan.

Hindari Makanan Ini
Makanan yang harus dihindari selama puasa adalah makanan yang cepat dicerna tubuh, seperti makanan olahan yang mengandung karbohidrat olahan (gula dan tepung), dan makanan berlemak (seperti kue, biskuit, cokelat dan permen).

Cukupi Cairan
Berpuasa tidak menjadi alasan kita mengurangi jumlah asupan air. Tetap jaga porsi minum yang diajurkan agar tidak terjadi dehidrasi saat berpuasa. Minumlah setidaknya 8 gelas air putih, 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka dan 4 gelas saat malam hari.

Hindari Kafein
Hindari juga minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi dan minuman bersoda. Kafein bersifat merangsang keluarnya urin dan menyebabkan tubuh kehilangan air lebih cepat melalui urin.

Segarkan Tubuh dengan Tidur
Tidur siang paling tidak 15 menit akan membantu tubuh menjadi lebih segar. Gunakan waktu makan siang untuk tidur dan mengistirahatkan tubuh.
Tidur siang juga akan membantu tubuh menyesuaikan diri dengan jadwal harian yang membutuhkan Anda bangun lebih awal untuk sahur. (SCI/dari berbagai sumber)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini