News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT RI

Warga Perbatasan Kalimantan-Malaysia Belum Merdeka

Editor: Anwar Sadat Guna
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kondisi kehidupan masyarakat Sebatik yang berada di wilayah perbatasn Indonesia dengan Malaysia. Di sisi sebelah kanan adalah wilayah Indonesia, sementara di sisi sebelah kiri wilayah Malaysia. Dua negara ini hanya dipisah oleh gang.

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Slamet Bowo Santoso

TRIBUNNEWS.COM, SANGGAU – Tokoh masyarakat perbatasan Kabupaten Sanggau, Haji Thalib, mengatakan, hingga kini kondisi berbagai infrastruktur di perbatasan Kabupaten Sanggau-Malaysia masih sangat memprihatinkan.

Kondisi seperti ini yang membuat sebagian besar masyarakat di perbatasan masih menganggap diri mereka belum merdeka.

Hal tersebut dikatakan Thalib kepada Tribun, Rabu (17/8/2011) di sela-sela perayaan HUT ke-66 RI. Dirinya berharap dengan momentum kemerdekaan yang sudah menginjak tahun ke-66, pemerintah bisa lebih konsentrasi membangun wilayah perbatasan agar tidak terus muncul gejolak dan pergolakan yang pada akhirnya mengusik keutuhan NKRI.

“Kita tidak ingin apa yang terjadi di Kabupaten Sintang, dimana masyarakat perbatasannya mengancam akan mengibarkan bendera Malaysia terjadi di Sanggau,” katanya.

Upacara HUT ke-66 RI sebelumnya digelar di wilayah perbatasan Entikong, Kabupaten Sanggau, yang dipusatkan di halaman rumah susun sederhana Entikong.

“Yang kita inginkan, perayaan HUT RI yang digelar hari ini, bukan sekadar seremonial belaka tanpa arti bagi masyarakat, khususnya yang berada di pedalaman perbatasan. Karena sebagian besar masyarakat kita di perbatasan hingga kini masih merasa bahwa mereka dianak tirikan,” katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini