News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ibadah Haji 2013

Tak Perlu Khawatirkan Virus Corona

Editor: Hendra Gunawan
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM, BATAM -- Menyikapi virus Corona yang sedang melanda Timur Tengah, termasuk Arab Saudi, jamaah calon haji diminta untuk waspada. Virus ini rentan menyerang seseorang yang memiliki daya tahan tubuh rendah dan lemah. Meski demikian, tidak perlu dikhawatirkan, sebab seluruh jamaah sudah diberikan vaksin, pengetahuan, dan pemahaman tentang virus tersebut.
 
Untuk para calon jamaah haji usia lanjut (lansia) dan berpenyakit kronis sudah disuntikkan vaksin influenza dan pneumonia sebelum berangkat ke Tanah Suci. Untuk itu, jamaah tetap diminta meningkatkan kewaspadaannya. Caranya dengan jalan menjaga kebersihan, berperilaku hidup bersih dan sehat, serta mengonsumsi makanan bergizi.
 
Kasi Kesehatan Matra Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), Batu Ampar, Batam, dr H Agung Sundaru DH MKK mengatakan, calon jamaah haji lansia tidak boleh memaksakan diri jika kondisi tubuhnya tidak prima. Selama berada di Arab Saudi, saran dia, agar senantiasa menjaga stamina dan selalu mengenakan masker saat menjalankan ibadah haji.
 
“Calon jamaah diminta meningkatkan kewaspadaan agar tidak tertular dengan jalan menjaga kebersihan, berperilaku hidup bersih dan sehat serta mengonsumsi makanan bergizi. Jangan lupa mengenakan masker selama menjalankan ibadah haji. Khusus jamaah lansia dan berpenyakit kronis dianjurkan untuk vaksin influenza dan pneumonia,” ujar dr H Agung Sundaru DH MKK, Sabtu (7/9/2013).

Untuk kloter pertama dijadwalkan bertolak ke Arab Saudi Selasa (10/9/2013) pukul 10.00 WIB. Mereka terbang menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines (SAA) dengan nomor penerbangan SV-5205 berkapasitas 450 jamaah. Hal ini juga ditegaskan oleh salah satu representative Saudi Arabian Airlines, M Rahmat. (Tribun Batam/Candra P. Pusponegoro)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini