News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mudik Lebaran 2014

Rel di Jalur Tikungan Diganti Demi Kelancaran Angkutan KA Lebaran

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rento Ari Nugroho

TRIBUNNEWS.COM, PURWOKERTO - Menghadapi arus mudik lebaran, PT Kereta Api Indonesia (KAI) melakukan perbaikan jalur rel di terowongan Notog, Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas, Jumat (18/7/2014).

Perbaikan jalur KA tersebut dilaksanakan dengan mengganti rel sepanjang 600 meter mulai Km 359+200 hingga Km 359+800 yang melewati terowongan tersebut.

"Penggantian rel dilakukan karena kondisi rel sudah mulai aus," jelas Manajer Humas PT KAI Daop V Purwokerto, Surono dalam rilis beritanya, Jumat sore.

Surono menjelaskan, lokasi jalur rel di terowongan Notog tersebut berada dalam jalur tikungan, sehingga menyebabkan kondisi rel lebih cepat aus dibandingkan rel di jalur lurus. Keausan ini terjadi karena adanya gaya sentrifugal yang cukup besar ketika dilalui KA.

Rata-rata untuk jalur rel di tikungan, lanjutnya, hanya bisa bertahan maksimal dua tahun, dibandingkan di jalur lurus yang mampu hingga 20 tahun.

Untuk menjaga keselamatan perjalanan KA, rel yang sudah mulai aus tersebut harus diganti, karena berpotensi menyebabkan terjadinya anjlok pada roda KA.

Pekerjaan penggantian rel di terowongan ini dilaksanakan dalam 5 kali "window time" mulai pukul 03.00 Jumat pagi.

"Window time untuk penggantian rel ini memanfaatkan waktu sela perjalanan KA yang cukup panjang. Karena itu, pekerjaan ini tidak sampai mengganggu kelancaran jadwal perjalanan KA," imbuhnya.

Penggantian rel yang sudah dipersiapkan sejak seminggu sebelumnya tersebut ditargetkan bisa rampung dalam sehari.

Sehingga, memasuki angkutan lebaran ini seluruh jalur rel yang ada di wilayah Daop V, baik jurusan Jakarta maupun Bandung sudah benar- benar aman untuk dilewati KA.(*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini