News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Bandara Husein Sastranegara Kado Bandung Tahun Depan

Editor: Sugiyarto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil.

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - WALI Kota Bandung Ridwan Kamil mengapresiasi adanya pengembangan Bandara Husein Sastranegara.

Pembangunan yang direncanakan akan berlangsung dlaam kurun waktu satu tahun ini diharapkan bisa menjadi hadiah istimewa ulang tahun bandung ke-205 tahun depan.

"Mudah-mudahan dalam satu tahun bandara ini bisa tercapai, sehingga menjadi hadiah ulang tahun ditahun depan persis 25 September 2015. Dengan begitu etalase-etalase Kota Bandung bisa hadir," ujar Emil sapaan akrab Ridwan Kamil pada wartawan usai melakukan ground breaking pengembangan Bandara Husein Sastranegara, Senin (29/9).

Sebagai arsitektur, Emil pun membantu memberikan ide-ide desain untuk pembangunan Bandara Husein ini. Emil mengatakan, nantinya di Bandara ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menyediakan galeri seni dari hasil karya seniman Sunda. Hal tersebut dilakukan agar ada kesan kebudayaan saat masuk ke bandara internasional.

"Saya hanya memberi tambahan biar bandaranya walaupun kecil tapi harus keren, harus ada rohnya biar yang dateng kesini merasa Bandung pisan. Jadi jangan datang ke bandara teh mirip-mirip dengan bandara lain yang kadang-kadang terlalu dingin, kalau di Bandung mah walaupun kecil harus hangat dan menyenangkan," kata Emil.

Lebih lanjut, Emil mengatakan untuk pembangunan pengembangan Bandara Husein Sastranegara dirinya tidak sepenuhnya membantu mendesain.

Untuk desain bandara sendiri sudah disayembarakan dan pemenangnya adalah perusahaan Yodya Karya.

Emil menjelaskan, konsep kujang ini akan dibuat dari atap bangunan hingga ke area drop off tampak seperti kujang bila dilhat dari samping.

Selain itu, diujung atap bangunan bandara akan terdapat bentuk silang seperti bangunan tradisional sunda yang dalam istilah Sunda disebut julang ngapak.

"Temanya dari budaya Sunda yaitu kujang, kan bangunan itu harus ada cerita, kalau ga ada cerita dia ga ada perbedaan dengan bandara yang lain," katanya.

Dengan adanya pengembangan bandara Husein Sastranegara, Emil tak memungkiri akan bertambahnya jumlah wisatawan yang datang ke Kota Bandung melalui Bandara Husein.

Pemkot pun berencana memperbaiki infrastruktur lainnya pada 2015. Sejumlah wacana transportasi disiapkan oleh Pemkot Bandung, seperti cabble car, monorel, dan skywalk.

"Tahun 2015 itu tahunnya konstruksi, jadi tahun depan kalau dimana-mana ada pembangunan, itu termasuk bagian dari perbaikan pelayanan infrastruktur, supaya kedepannya kita lebh nyaman lagi," kata Emil. (cr1)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini