News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Peparnas XVII Resmi Dimulai, Pj Gubernur Jateng: Gunakan Kesempatan Ini untuk Ukir Prestasi!

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Peparnas XVII Resmi Dimulai, Pj Gubernur Jateng: Gunakan Kesempatan Ini untuk Ukir Prestasi!

TRIBUNNEWS.COM - Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVII di wilayah Solo Raya, Jawa Tengah, resmi dimulai. Presiden Joko Widodo remi membuka gelaran olahraga empat tahunan tersebut yang berlangsung di Stadion Manahan Kota, Surakarta, Minggu (6/10/2024) malam.

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, dalam kesempatan ditemui usai acara tersebut berpesan agar seluruh peserta bertanding dengan penuh semangat, menjunjung tinggi fair play, dan dapat mengukir prestasi.

"Selamat bertanding secara fair. Gunakan kesempatan ini untuk mengukir prestasi," ujar Nana.

Nana meyatakan, Jawa Tengah selaku tuan rumah sudah menyiapkan semuanya untuk perhelatan ini. Pihaknya siap melayani atlet, ofisial, pendamping, maupun penonton yang mengikuti pertandingan. 

Dijelaskan dia, Peparnas XVII ini menyerukan semangat berjuang dengan penuh sportivitas, menggemakan kesetaraan, dan kekuatan hebat yang dimiliki seluruh atlet disabilitas. Semua itu dirangkum dalam tagline "Bedo Nanging Digdoyo",  dalam bahasa Indonesia berarti "Beda Tetapi Digdaya".

Baca juga: Siap Berlaga di Peparnas 2024, Nana Sudjana Kukuhkan 378 Atlet Kontingen Jateng

"Artinya mereka tidak ada batas antara atlet biasa dengan atlet disabilitas. Presiden Joko Widodo juga menyampaikan tidak ada perbedaan, semua punya hak yang sama," tuturnya.

Selain sebagai event mengukir prestasi, Peparnas ini juga menjadi ruang untuk menguji kemampuan dan perkembangan seluruh atlet disabilitas. 

Nana berharap, ke depan atlet-atlet ini dapat berlaga pada event besar, sehingga bisa menjaga tradisi juara di kancah nasional dan internasional.

Untuk kontingan Jawa Tengah, lanjut Nana, pihaknya sudah berkomitmen untuk menjadi juara umum. 

“Makanya kami terus memberikan motivasi maupun semangat kepada atlet untuk betul-betul memperjuangkan nama baik Jawa Tengah," ucapnya.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengajak masyarakat ikut menyukseskan Peparnas XVII. Ajang ini merupakan tempat kelahiran atlet-atlet potensial dan pencetak rekor baru. Peparnas juga sebagai panggung kesetaraan bagi disabilitas.

Baca juga: Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana Lepas Kirab Obor Peparnas XVII di Api Abadi Mrapen

Ia juga menyerukan agar seluruh atlet dan ofisial bertanding dalam suasana persaudaraan dan berjuang dengan semangat sportivitas.

"Kita patut bangga karena atlet penyandang disabilitas Indonesia daya juangnya luar biasa. Prestasinya juga membanggakan, Indonesia tiga kali berturut-turut juara umum ASEAN Para Games," katanya. 

Perhelatan olahraga ini diikuti oleh sebanyak 35 kontingen yang berasal dari 35 provinsi.  Total atlet dan offisialnya sebanyak 5.178 orang. Mereka akan berlaga untuk 20 cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan pada 6-13 Oktober 2024. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini