News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Hari ini Skuat Maung Bandung Bakal Diarak dari Cibiru ke Gasibu

Editor: Budi Prasetyo
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ribuan bobotoh tumplek saat mengawal para pemain Persib Bandung yang baru saja tiba di Bandung dari Palembang. Ribuan bobotoh mengawal tim kesayangannya itu menuju mess Persib, Jalan Ahmad Yani, untuk beristirahat, Sabtu, (8/11/2014)

TRIBUNNEWS.COM.BANDUNG - Skuat juara Persib Bandung akan diarak keliling Kota Bandung dengan menggunakan bus wisata berlantai dua, Bandros, yang menjadi ikon Kota Kembang, Minggu (9/11/2014) mulai pukul 14.00. Rute arak-arakan akan membentang dari timur mulai Cibiru hingga ke Cibeureum di sebelah barat, lalu menuju ke pusat kota di Gasibu.

Kabagops Polrestabes Bandung, AKBP Dhafi, mengatakan, sedikitnya 5.000 bobotoh akan memadati Lapangan Gasibu hari ini, menghadiri acara arak-arakan pemain Persib yang berhasil membawa trofi Liga Super Indonesia (LSI) 2014.

"Untuk pengamannya akan diterjunkan ribuan personel polisi," ujar Dhafi lewat saluran telepon di Bandung, Sabtu (8/11/2014).

Dhafi menjelaskan, ribuan personel berasal dari 27 polsek yang mengirimkan masing-masing 27 orang, pariwisata 30 personel, 4 SSP dari Polrestabes Bandung (120 personel).

Untuk mengamankan dari sisi preman, copet, dan lainnya, polisi akan melakukan pengamanan tertutup dengan menurunkan 200 personel dari serse, dan pengamanan lalu lintas akan dilakukan oleh 120 personel. Jika dijumlahkan, polisi yang diterjunkan untuk pengamanan besok sekitar 1.550 personel. "Kami melakukan ekstra luar biasa dalam hal pengamanan," ungkap Dhafi.

Kepala Polda Jawa Barat, Irjen (Pol) Mochammad Iriawan, mengatakan, polisi tidak akan menghalang-halangi bobotoh yang akan menyambut dan mengarak skuat Persib. Ia juga berjanji akan mengawal arak-arakan bobotoh dan skuat Persib hari ini.

Menurut Iriawan, bobotoh berhak berpesta dan menyambut kegembiraan ini. Namun, dia berharap arak-arakan tersebut bisa berlangsung dengan tertib. "Kami akan mengawal. Ini kan kegembiraan yang ditunggu-tunggu selama hampir 20 tahun oleh bobotoh," ujar dia.

Rombongan penggawa Maung Bandung akan memulai konvoi dari seberang Mapolda Jawa Barat, Jalan Soekarno-Hatta, ke arah bundaran Cibiru dan belok ke arah Ujungberung melewati Jalan AH Nasution hingga ke Terminal Cicaheum.

Dari Terminal Cicaheum, rombongan akan belok ke arah Cicadas, lalu belok ke Kiaracondong melewati flyover Kiaracondong hingga ke Perempatan Binong.
Dari Perempatan Binong, rombongan berbelok ke arah Jalan Gatot Subroto dan maju hingga ke Cibeureum melewati Jalan Asia Afrika dan Jalan Sudirman.

Dari Cibeureum, rombongan akan masuk ke Jalan Rajawali melewati Jalan Pajajaran, Wastukancana, Merdeka, dan belok di Hotel Panghegar ke arah Jalan Veteran. Rombongan lalu melewati Jalan Ahmad Yani hingga perempatan Jalan Supratman dan berakhir di Lapangan Gasibu.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil mengatakan, rute dari kawasan Bandung bagian timur ke barat ini dilakukan agar semua warga di kawasan Kota Bandung bisa terkunjungi.

"Intinya, timur baratnya Bandung terkunjungi oleh Persib. Oleh karena itu warga dengan tertib mendatangi rute-rute yang sudah ditentukan. Ini juga ajang bersilaturahmi dengan warga di timur dan barat," ujar Emil, sapaan akrabnya. di Pendopo, Bandung, kemarin.

Emil juga mengatakan, selain dua bus Bandros yang akan membawa para pemain Persib, setiap kecamatan juga akan mengiringi dengan menggunakan mobil bak terbuka yang telah dihias. "Mobil bak terbuka sumbangan tiap kecamatan yang memuat bobotoh tiap kecamatan. Satu kecamatan satu mobil saja. Dengan dihias dan ada perkusian," katanya.
Disambut Gubernur

Di Gasibu, pesta rakyat digelar untuk warga yang ingin melihat penggawa Persib. Guna mengurangi penumpukan kendaraan, Emil mengimbau warga yang ingin menonton bisa datang tanpa menggunakan kendaraan.

"Diimbau datang ke Gasibu, tapi kalau bisa jangan bawa kendaraan pribadi. Sebaiknya naik kendaraan umum atau kalau bisa jalan kaki," ujar Emil.

Emil juga mengatakan, nantinya di Gasibu para penggawa Maung Bandung yang pulang membawa piala LSI akan disambut oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Selain itu, setiap kelurahan di Kota Bandung pun akan menyiapkan tumpengan. Pada malam harinya akan diadakan pelepasan lampion warna biru ke udara. "Kalau tidak ada halangan, akan disambut oleh Gubernur. Nanti juga ada musik di Jalan Diponegoro," katanya. (cr1/tsm/tom/men)(baca : Ambisi Persib Bandung Rebut Gelar Juara Liga Super Indonesia )

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini