News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat Jatuh di Manado

Kakak Ipar Sang Pilot Ronny Djasril Ikut 'Terjun' ke Laut Kema

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ronny Djasril dan istri semasa hidup. Ronny Djasril, pilot pesawat carter Pilatus Trush-510P, milik Elang Nusantara Air dengan Register Penerbangan PK-ELR yang jatuh dari ketinggian sekira 8.000 kaki atau sekitar 2.400 meter, sekitar tiga mil antara Pulau Lembeh dan pesisir Pantai Kema yaitu di Desa Asparagus Kecamatan Kema, tinggal di Jalan Embun Pagi RT 02/RW 04 Kecamatan Rumbai Pesisir Pekanbaru.

TRIBUNNEWS.COM, AIRMADIDI - Drama langit Laut Kema menyisakan duka mendalam bagi keluarga Ronny Djasril (40).
Pilot pesawat carter Pilatus Trush-510P, milik Elang Nusantara Air dengan Register Penerbangan PK-ELR itu hingga Rabu (3/12/2014) sore belum juga ditemukan.

Pesawat penebar pupuk yang terbang dari Gorontalo tujuan Ternate itu jatuh di Laut Kema, Minahasa Utara, Selasa (2/12/2014).

Saat itu, pesawat hendak mendarat darurat di Bandara Sam Ratulangi Manado karena cuaca buruk menghinggapi langit Ternate. Selain Ronny Djasril, mekanik pesawat, Pian Sopian juga belum ditemukan.

Kakak ipar Pilot Ronny Djasril yakni, Noviwaldi Jusman, Selasa malam terbang dari Pekanbaru ke Manado untuk memastikan nasib suami dari adiknya, Sandri.

Sandri bersama anaknya syok berat atas tragedi ini. Sanak famili dan tetangga pun ramai-ramai mendatangi rumahnya di Jalan Embun Pagi Nomor 8, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, untuk menghiburnya.

Noviwaldi bergabung dengan Tim Evakuasi yang terdiri dari Basarnas, TNI, Polisi, PMI, BNPB dan beberapa nelayan, Rabu (3/12/2014) siang menuju tengah laut.

Lima speed boat meluncur ke tengah laut. Sekitar 15 menit sampai di lokasi yang diprediksi tempat jatuhnya pesawat nahas itu.

Noviwaldi ikut di dalam speed boat itu. Dia menyaksikan sendiri upaya pencarian di tengah laut. Dia juga turut memantau laut dan terus memanjatkan doa agar nasib sang adik segera terkuak.

Tim yang dilengkapi dengan alat deteksi milik Basarnas diaktifkan. Sejumlah anggota tim juga bersiap untuk menyelam. Sayangnya, arus begitu deras sehingga mengganggu jalannya pencarian korban.

Lima speed boat pun terus berputar-putar mencari sesuatu yang mengapung. Namun tak satupun serpihan ditemukan. Anggota tim juga menegaskan bahwa kabar ada yang melihat potongan tubuh manusia itu bohong.

Kurang lebih selama 1 jam di seputaran koordinat jatuhnya pesawat, akhirnya alat deteksi mendapatkan tanda ada sebuah benda di dasar laut.

Anggota penyelam pun langsung menandai lokasi dan menurunkan karung kecil yang berisi pasir terikat dengan tali sebagai jalan penyelaman bagi empat penyelam.

Saat itu waktu menunjukkan pukul 14.15 Wita, empat orang penyelam dari Marinir dan Basarnas turun melalui tali yang telah sampai ke dasar laut dengan kedalaman sekitar 60-80 meter.

Empat penyelam itu adalah Priyo, Putra Fadel dan Goodlife. Namun menurut Priyo, ketika berada di kedalaman 44 meter, jarak pandangnya hanya 6 hingga 7 meter. Sementara arus di dasar laut sangat deras sehingga sulit untuk lebih ke dalam lagi.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini