News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

GS Vicky Lumentut Bikin Puas Sebagian Besar Masyarakat Kota Manado

Editor: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut dan masyarakat kota Manado

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja dan prestasi yang telah ditoreh Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL) membuat kandidat petahana ini berpeluang besar untuk memimpin kembali Kota Manado di periode kedua.

Dinilai, program pro rakyat yang selama ini telah dijalankan GSVL di periode pertama yang menjadi faktor utama tingkat kepuasan publik masyarakat Manado. Hal itu diungkap Direktur Indo Survey & Strategy (ISS) Hendrasmo, Kamis (26/11).

Peluang GSVL untuk terpilih kembali sebagai Walikota Manado, menurut Hendrasmo sangat besar. Meskipun kompetisi di Pilkada Kota Manado diprediksi akan berlangsung ketat.

"Tingkat kepuasan publik masyarakat Kota Manado terhadap petahana GS Vicky Lumentut masih sangat tinggi, sekitar 70.90 persen. Ini menjadi bukti masyarakat Manado masih sangat puas atau puas terhadap kinerja dan prestasi GSVL. Belum lagi komitmen dan integritas GSVL terhadap gerakan anti korupsi," ungkap Hendrasmo.

Sementara, Karyono Wibowo, Peneliti Senior IPI (Indonesian Public Institute) mengungkapkan harapan masyarakat terhadap walikota Manado sangat tinggi.

Karena melihat pengalaman sebelumnya GSVL mampu memberikan pelayanan terbaik untuk warganya dengan mewujudkan sejumlah program yang berpihak terhadap kepentingan rakyat.

Meskipun dengan kinerja yang telah dilakukannya itu, masih banyak yang salah persepsi sehingga menilai walikota Manado bisa menyelesaikan semua masalah yang ada tanpa ada cara pandang yang komprehensif.

"Ada kecenderungan semua persoalan ditimpakan kepadanya (GSVL) sehingga persepsi menjadi tidak proporsional. Bayangkan, dari persoalan macet, ketersediaan listrik, banjir, atau ada kebakaran, semuanya ditimpakan ke walikota. Padahal itu juga persoalan nasional atau gubernur yang notabene memiliki kewenangan yang lebih luas. Tapi bisa jadi, kenapa semua persoalan ditimpakan kepadanya (GSVL) mungkin karena publik percaya kepada Pak Vicky," urai Karyono.

Terpisah, mantan Walikota Manado periode 2000 - 2005 Wempie Frederik menjelaskan Kota Manado akan lebih dinamis ke depannya jika pendukung Jimmy Rimba yang telah dianulir KPU bergabung ke barisan Vicky Lumentut.

"Ini akan menjadi sinergi yang luar biasa. Dan saya yakin, pembangunan di Kota Manado akan lebih melesat sehingga benar-benar bisa dirasakan langsung oleh masyarakat, seperti yang telah berlangsung selama ini," ujar Wempie bersemangat.

Seperti diketahui, lanjut Wempie, sejumlah gebrakan sudah dilakukan di masa pemerintahan Vicky Lumentut saat ini. Dan program-program yang digulirkan selalu pro rakyat. Salah satunya adalah dana kematian yang disalurkan langsung ke masyarakat tanpa ada potongan sedikitpun.

"Begitupun dengan insentif untuk kepala lingkungan serta program lainnya. Dan program-program tersebut sudah berjalan selama kepemimpinan Pak Vicky sebagai Walikota Manado," jelas Wempie.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini