News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Butuh Waktu Seminggu Angkut Bukit Sampah di Jalan Baturengat

Penulis: Teuku Muhammad Guci Syaifudin
Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Timbunan sampah di pinggir Jalan Baturengat, RT 1/1 Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat, mulai diangkut, Kamis (7/4/2016) pagi. Setidaknya tiga truk dan satu alat berat milik PD Kebersihan sudah berada di timbunan bukit sampah itu.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Teuku Muh Guci S

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Pengangkutan sampah di "bukit sampah" di Jalan Baturengat, RT 1/1 Kelurahan Cigondewah Kaler, Kecamatan Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat, dilanjutkan besok.

Perusahaan Daerah Kebersihan Bandung hanya mengangkut timbunan sampah sebanyak tiga truk atau sekitar 12 ton.

Kabid Operasi Operasional PD Kebersihan wilayah Bandung Barat, Suyat, memperkirakan timbunan sampah di pinggir Jalan Baturengat harus diangkut dengan menggunakan 50 truk.

Namun pihaknya hanya bisa menyiapkan tiga truk lantaran keterbatasan armada sehingga proses pengangkutan dilakukan secara bertahap.

"Untuk alat berat, pertama kami pakai buldozer dulu terutama mengangkut di bagian terdekat dengan jalan. Untuk bagian tebing yang medannya miring harus pakai eskavator," ujar Suyat kepada Tribun Jabar (Tribunnews.com Network) di lokasi bukit sampah, Kamis (7/4/2016).

Suyat memprediksi, berat sampah yang berserak dan menumpuk di Jalan Baturengat itu bisa mencapai 100 ton.

Sampah yang telah diangkut itu dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat.

"Setidaknya membutuhkan waktu selama seminggu untuk membersihkan sampah tersebut kalau misalnya diangkut pakai 10 truk setiap harinya," kata Suyat.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Cigondewah Kaler, Usep Yudha Prawira, mengatakan, sampah yang diangkut hari ini masih sebagian kecil volume sampah tertumpuk di pinggir jalan.

Ia akan menunggu keseriusan PD Kebersihan yang akan kembali mengangkut sampak besok.

"Mudah-mudahan besok armadanya lebih banyak sehingga bisa cepat selesai dan ada solusi bersama dengan tetangga sebelah mengenai penanganan sampah," ujar Usep.

Sebelumnya diberitakan, warga mengeluhkan keberadaan bukit sampah tersebut.

Bukit sampah yang kebanyakan limbah rumah tangga dan limbah industri rumah tangga itu kerap menimbulkan bau tak sedap setiap harinya.

Tak hanya bau, banyak lalat beterbangan di tempat pembuangan sampah dadakan yang berada di pinggir ruas Jalan Tol Purbaleunyi.

Tumpukan sampah itu pun terkadang menutup sebagian jalan yang menghubungkan Kecamatan Bandung Kulon dengan Kecamatan Margaasih, Desa Cigondewah Hilir, Kabupaten Bandung. (cis)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini