News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pelajar yang Edarkan Kunci Jawaban Tidak Dapat Diproses Hukum

Penulis: Jefri Susetio
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ilustrasi kunci jawaban

Laporan Wartawan Tribun Medan Jefri Susetio

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - Kepala Kepolisian Resor Kota Medan, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Mardiaz Kusin Dwihananto mengatakan, tiga pelajar yang diduga menyebarkan kunci jawaban tidak dapat diproses secara hukum.

"Teryata yang ditangkap Kodim/Koramil itu hanya catatan biasa yang ditulis sendiri pelakunya. Mana bisa di proses," ujarnya lewat aplikasi WhastApp, Sabtu (14/5/2016).

Saat ditanya, apakah sudah ada pencocokan kertas jawaban dengan naskah soal IPA, UN? Ia menegaskan yang harus mencocokan Dinas Pendidikan Kota Medan.

"Yang bisa diproses itu kalo kunci jawaban resmi, yang musti dicocokkan Disdik sebagai korban," katanya.

Kapolsek Sunggal, Komisaris Polisi Hary Azhar tidak memberikan keterangan secara mendetail tentang diserahkan perkara beredarnya diduga kertas jawaban pelajaran IPA, Ujian Nasional (UN) yang ditangkap Koramil 04 Medan Kota, Kamis (12/5/2016) kemarin. 

Personel Koramil 04/ Medan Kota menangkap tiga pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Medan AR (16), warga Jalan Tapianauli, RS (15) warga Jalan Sunggal dan T (15) warga Jalan Sunggal lantaran diduga mengedarkan kertas jawaban soal IPA di pelataran McDonald’s. 

Namun, selepas memberikan keterangan pers kepada media, Danramil Medan Kota Mayor Setia Budi menyampaikan akan menyerahkan kasus tersebut ke Polsek Sunggal.

Namun, Kapolsek Sunggal tidak mengetahui adanya penyerahan kasus itu. 

“Kenapa, apa maksudnya ? Koramil mana ? hubungan dengan Polsek Sunggal ? itulah enggak jelas kamu ini sampaikan. Siapa yang bilang ada diserahkan kasusnya (penyerahan kasus UN) di sini. Siapa yang bilang. Nanti boleh saya bilang ada laporan saya rekam ini,” ujarnya saat dihubungi, Jumat (13/5). 

Selain itu, dia meminta Tribun untuk mengecek kembali informasi tersebut.

Bahkan menyarankan untuk kembali mewawancarai pihak Koramil 04/Medan Kota 

“Coba cek dulu. Enggak ada, kau ngarang-ngarang lagi. Kok bisa ditangkap mereka, aduh enggak tahulah. Coba tanya dulu ke Koramil. Enggak ada itu (penyerahan kasus dugaan beredarnya kunci jawaban),” katanya 

Penyataan senada disampaikan Kepala Unit Reserse Kriminal Polsek Sunggal, Inspektur Polisi Satu (IPTU) Nur Istiono membantah kasus diduga penyebaran kunci jawaban sudah diserahkan Polsek Sunggal. 

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini