News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pilgub Jawa Tengah

Golkar Sudah Kantongi Jagoan, Tapi Harus Koalisi untuk Pilkada Jateng

Editor: Y Gustaman
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketua Umum DPP Partai Golkar Setya Novanto. TRIBUNNEWS.COM/FERDINAND WASKITA

Laporan Wartawan Tribun Jateng, M Nur Huda

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Ketua Harian DPD I Golkar Jawa Tengah, Iqbal Wibisono, memastikan partainya akan mengusung Wisnu Suhardono maju di Pilkada Jateng.

Meski Wisnu menjabat Ketua DPD I Golkar Jateng, kata Iqbal, pencalonannya agar mulus harus berkoalisi dengan partai lain karena Golkar yang hanya memiliki 10 kursi di DPRD Jateng.

Sementara ini, sambung Iqbal, Golkar mengaku belum berminat membangun koalisi besar seperti diwacanakan Partai Amanat Nasional.

“Kami belum berpikir ke sana (koalisi besar, red),” ungkap Iqbal kepada wartawan di Kota Semarang pada Jumat (12/5/2017).

Iqbal memastikan Golkar selama ini bersahabat dengan semua partai, meski PDI Perjuangan bisa mengusung calon sendiri. Golkar harus membangun koalisi untuk memenuhi syarat minimal 20 persen.

“Jadi kami semua partai bersahabat, hanya memang yang bisa mengusung sendiri tanpa koaliasi adalah PDI Perjuangan yang diberi kemurahan Tuhan. Tapi bukan berarti PDI Perjuangan pun tanpa orang lain, dan mungkin juga berharap teman lain (koalisi-Red),” ungkap dia.

Partai Golkar sudah menjalin komunikasi dengan sejumlah pengurus partai, baik secara formal atau informal. Tetapi, ia tak menyebut partai mana saja.

“Semua partai memungkinkan (kerja sama, red), kan ini masih lama. Misalnya dengan PDI Perjuangan, PKB, Nasdem, PPP, masih terbuka semuanya,” ungkap dia.

Terkait munculnya sejumlah figur dari beberapa partai untuk dicalonkan sebagai gubernur, sementara Golkar akan mengusung Wisnu sebagai calon gubernur, menurut Iqbal, Golkar tak mempersoalkan.

Dalam politik semuanya bisa berubah. Dia mencontohkan, Sandiaga Uno yang kini menjadi Wakil Gubernur DKI terpilih dahulu juga deklarasi sebagai calon gubernur.

Begitupula Saifullah Yusuf yang dulu ramai akan maju sebagai calon gubernur, ternyata menjadi Wakil Gubernur Jatim.

Sudah Bulat

Sementara untuk internal partai Golkar, Iqbal berujar, semua DPD II se-Jateng dan DPD I Golkar Jateng bulat mengusung Wisnu dan sudah disampaikan ke DPP Golkar dan mendukungnya.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini