News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rifai Tak Pernah Absen Panjat Gunungan saat Grebeg Yogya

Editor: Fajar Anjungroso
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rifai ketika memanjat salah satu gunungan Garebeg

TRIBUNNEWS.COM, YOGYA - Setiap diadakannya rayahan gunungan grebeg besar pasti ada salah seorang yang menaiki gunungan tersebut.

Ketika telah sampai diatas, orang tersebut juga kerap membagikan hasil gunungan yang berhasil dirayahnya kepada warga yang belum mendapatkannya.

Adalah Rifai (32), warga Kota Jogja yang setiap tahun datang ke acara gunungan gerebeg besar guna memanjat puncak gunungan tersebut.

Menurut Rifai, ia memanjat hingga puncak gunungan tersebut untuk mendapatkan berkah.

Terlebih ketika ia berhasil mendapatkan mustaka (bagian paling atas di gunungan), ia menilai hal tersebut merupakan suatu kepuasan tersendiri dapat mencapai puncak gunungan yang diletakkan si halaman Masjid Gede Kauman tersebut.

"Setiap tahun saya pasti kesini (Masjid Gede Kauman), saya panjat sampai puncak gunungannya karena ingin merayah berkahnya. Ketika bisa mengambil mustoko itu menurut saya adalah berkah tersendiri, kan tidak sembarang orang bisa mendapatkannya," katanya usai prosesi rahayan gunungan grebeg besar selesai. Sabtu (2/9/2017).

Lanjutnya, ketika telah mencapai puncak dan mendapatkan mustaka tersebut, ia mengambil beberapa bagian dari gunungan tersebut.

Setelah itu, bagian dari gunungan yang didapatkannya ia berikan kepada warga yang belum mendapatkannya.

Rifai berencana untuk menyimpan hasil yang didapatnya tersebut, ia mempercayai bahwa mustaka tersebut dapat untuk menolak bala.

"Ini (mustaka gunungan) mau saya simpan sekalian untuk tolak bala," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini