News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Waingapu dan Ruteng Diguncang Gempa 4,7 Skala Richter

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

Laporan Wartawan Pos Kupang, Robert Ropo

TRIBUNNEWS.COM, WAINGAPU - Gempa bumi tektonik berkekuatan 4,7 skala richter mengguncang wilayah Waingapu Kabupaten Sumba Timur dan Ruteng, Kabupaten Manggarai.

Kepala Stasiun Geofisika Waingapu Kabupaten Sumba Timur, Arief Tyastama, S.Si, M.Si menyampaikan itu melalui press realese yang diterima Pos Kupang, Selasa (29/5/2018) dini hari pukul 01.00 Wita.

Arief menjelaskan, gempa tersebut terjadi pada pukul 21:57:08 Wita, beberapa wilayah di Waingapu diguncang gem pabumi tektonik itu.

Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan 4,7 skala richter, dengan episenter pada koordinat 9.20 Lintang selatan dan 120.21 bujur timur.

Baca: Sepasang Mahasiswa dalam Satu Kamar Hotel Dirazia, Petugas Minta Mereka Tidur di Kamar Berbeda

Tepatnya pada jarak sekitar 61 kilometer arah barat daya Kabupaten Manggarai dengan kedalaman 10 kilometer.

Arief juga mengatakan, peta tingkat guncangan BMKG menunjukkan, dampak gempa bumi tersebut menimbulkan guncangan di Waingapu dan Ruteng I Skala Intensitas Gempa bumi (SIG) BMKG atau II-III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan akibat gempa bumi.

Arief juga menjelaskan, gempa bumi yang terjadi ini merupakan jenis gempa bumi intraplate dengan hiposenter dangkal akibat aktivitas patahan lokal.

Hasil pemodelan yang dilakukan BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami.

Arief meminta kepada warga di wilayah Waingapu dan sekitarnya agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini