News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kapolda Pastikan Pilkada Serentak di Jawa Barat dan Aman

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Rombongan Kapolda Jabar, Irjen Pol Agung Budi Maryoto saat meninjau TPS 5, Desa Cijayanti, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Rabu (27/6/2018)

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNNEWS.COM, ,BANDUNG-Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, Pangdam III Siliwangi menggelar pertemuan bersama Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat dan Ketua Bawaslu Jabar di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta Bandung, Jumat (29/6).

Pertemuan tersebut membahas situasi keamanan di Jabar pascapilkada serentak di 16 daerah dan Pilgub Jabar 2018.

"Laporan dari kapolres se-Jabar, semua berjalan aman dan lancar. Tidak ada intimidasi pada pemilih, KPU maupun Bawaslu. Karenanya, dari aspek keamanan, komitmen kami mengawal pesta demokrasi ini berjalan lancar. Kalau ada laporan dugaan pelanggaran nanti diproses di gakkumdu," ujar Kapolda usai pertemun.

Untuk pengamanan, Polda Jabar diback up Kodam III Siliwangi mengawal jalannya pilkada serentak. Saat ini, pihaknya fokus untuk pengamanan pascapilkada. Untuk Pilgub Jabar, Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum terpilih sebagai pemenang Pilgub Jabar berdasarkan hasil hitung cepat sejumlah lembaga survey.

"Untu siapapun yang terpilih di pilkada serentak ini untuk menghormatinya. Saat ini masih dalam tahapan pengumpulan surat suara hingga di PPK. Untuk pilkada kota kabupaten nanti 4 Juli penetapan dan Pilgub Jabar 9 Juli," ujar Agung.

Pada penghitungan PpK hingga penetapan suara oleh KPU, Polda Jabar kembali akan mengamankan jalannya agenda tersebut.

"Pertama, yang berhak masuk saat penetapan suara adalah mereka yang diundang oleh KPU. ‎Kalau yang tidak diundang, datang dan bikin ribut, kami akan lakukan penegakan hukum," katanya. (Mega Nugraha)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini