News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

HUT Kemerdekaan RI

Bendera Berukuran 120 meterx 50 meter akan Dikibarkan Saat HUT Proklamasi

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Inilah bendera merah putih raksasa yang akan dibentangkan tepat 17 Agustus 2018 di Stadion Datu Adil.

Laporan wartawan Tribunkaltim.co, Junisah

TRIBUNNEWS.COM, TARAKAN - Tepat diperingatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia (RI), Jumat (17/8/208),  Aliansi Pemuda Perbatasan Kaltara akan membentangkan bendera merah putih raksasa dengan ukuran 120 meterx 50 meter dan berat 500 kilogram.

Bendera seharga 60 juta ini, akan dibentangkan di Stadion Datu Adil Kota Tarakan Provinsi Kaltara, oleh 150 orang yang tergabung di 9 lembaga organisasi, mulai dari organisasi masyarakat, serikat pekerja, mahasiswa, pelajar dan pencinta alam.  

Bendera merah putih raksasa ini akan dibentangkan tepat di detik-detik proklamasi sekitar pukul 09.45 Wita.

Bendera akan dibentangkan mulai dari tribun penonton.

Setelah itu menyanyikan lagu Indonesia raya dilanjutkan dengan teks proklamsi dengan mendengarkan suara Presiden Soekarno.

Baca: Inilah Peluang Timnas U-23 Indonesia ke Babak 16 Besar Usai Ditekuk Palestina

Koordinator Lapangan (Korlap) Aliansi Pemuda Perbatasan Kaltara, Zainal mengungkapkan, kegiatan ini dapat terlaksana karena adanya dukungan dari para donator yang benar-benar  peduli dengan persatuan kesatuan bangsa Indonesia.

“Dana untuk menjahit bendera merah putih raksasa ini dari para donator. Untuk itu kami ucapkan terima kasih. Bendera ini pun dijahit ditukang khusus bendera di suatu daerah di pulau Jawa. Lama pembuatan bendera ini selama enam bulan,” ujarnya.

Zainal mengatakan, sebenarnya bendera merah putih raksasa ini sudah selesai dijahit di tahun 2017.

Hanya saja waktu itu terjadi miskomunikasi dengan tukang jahitnya, sehingga bendera ini datang tidak tepat waktu dan terpaksa tidak dapat dibentangkan.

“Kendalanya waktu itu tukang jahitnya itu mengirim bendera ini kondisinya bendera digulung. Karena bendera digulung jadi tidak bisa dipaketkan menggunakan pesawat terbang. Mau tidak mau kami terpaksa menggunakan kapal feri dari Surabaya ke Balikpapan. Lalu dari Balikpapan ke Tarakan menggunakan kapal Pelni KM Umsini,” ujarnya.

Saat ditanya apakah bendera merah putih raksasa yang dibentangkan ini merupakan terbesar di Indonesia?

Baca: Tak Sengaja Pungut Kotak Panjang Berwarna Emas dari Tempat Sampah, Saat di Buka Isinya Amat Istimewa

“Oh kami tidak tahu, tapi teman-teman  sudah searching di internet melihat ternyata banyak yang panjang benderanya sama tapi lebarannya beda. Ada juga yang panjangnya melebihi kita tapi lebaranya tidak sama. Salah satunya kayak di Malinau dua tahun lalu membentangkan bendera merah putih di perbatasan panjang benderanya 178 meter namun lebarannya hanya belasan saja,” ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini