News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Per 1 November Lion Air Group Daratkan Pesawatnya di Bandara APT Pranoto Samarinda

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Pesawat Lion Air 737 MAX 8

Laporan Wartawan Tribunkaltim.co, Christoper D

TRIBUNNEWS.COM, SAMARINDA - Tiga maskapai komersil milik Lion Air Group yakni Lion Air, Batik Air dan Wings Air segera mendaratkan pesawatnya di Bandara APT Pranoto yang baru saja diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (25/10/2018).

Distrik Manager Kaltim Lion Air Group, Achmad Affandi menjelaskan, menyambut tantangan Presiden Joko Widodo yang meminta agar terdapat penerbangan ke Jakarta dalam dua minggu setelah peresmian, pihaknya pun langsung mengajukan permohonan slot time ke Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto pada Jumat (26/10/2018).

Tak tanggung-tanggung, pihaknya mengajukan permohonan untuk 10 slot time penerbangan untuk tiga maskapai, yakni Lion Air, Batik Air dan Wings Air, dengan tujuan Jakarta (CKG), Makassar (UPG), Surabaya (SUB) dan Berau (BEJ).

"Kita sudah ajukan slot timenya, tinggal menunggu kepastiannya saja. Kita ajukan untuk empat daerah ke Jakarta, Makassar, Surabaya dan Berau," kata Achmad Affandi kepada Tribun Kaltim, Sabtu (27/10/2018).

Baca: Mangku Wayan Budiarsa Meninggal Diduga Kelelahan Usai Naik Ratusan Anak Tangga di Pura Pasar Agung

Pihaknya pun optimistis slot time yang diajukan dapat disetujui, dan pada 1 November 2018 mendatang dapat mengangkut penumpang dari Samarinda.

"Kita tunggu sampai Senin (29/10/2018). Pasti didukung oleh Kementerian Perhubungan maupun pemerintah, apalagi penerbangan ke luar Kaltim merupakan permintaan Presiden yang menugaskan agar ada penerbangan keluar dalam dua minggu ini," ucapnya.

"Saat ini memang belum ada kepastiannya, saya akan kabari untuk kepastiannya," tambahnya.

Pihaknya menilai, potensi penumpang di Bandara APT Pranoto Samarinda merupakan salah satu potensi besar di Kaltim, terlebih Samarinda merupakan ibu kota provinsi.

"Sebagai ibu kota Kaltim, potensi Samarinda pasti besar. Untuk target kedepan kita jalani saja dulu sambil melihat perkembangan selanjutnya, dan menunggu kepastian slot time yang kami ajukan,"kata dia.

Berikut ini slot time penerbangan Lion Air Group yang diajukan ke UPBU APT Pranoto, per 1 November 2018 :

1. Lion Air
- JT 368 : SUB - SRI
- JT 269 : SRI - SUB
- JT 733 : UPG - SRI
- JT 732 : SRI - UPG
- JT 766 : CGK - SRI
- JT 769 : SRI - CGK

2. Batik Air
- ID 6256 : CGK - SRI
- ID 6257 : SRI - CGK

3. Wings Air
- IW 1485 : BEJ - SRI
- IW 1484 : SRI - BEJ

Keterangan : Jakarta (CKG), Makassar (UPG), Surabaya (SUB), Berau (BEJ) dan Samarinda (SRI).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini