News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

24 Elemen 'Aksi Suroboyo Damai' Serukan Persatuan Pasca Pemilu: Jangan Lakukan Ajakan Provokasi

Editor: Januar Adi Sagita
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sebanyak 24 elemen masyarakat di Surabaya menyuarakan pesan perdamaian di Taman Bungkul, Surabaya Rabu (22/5/2019).

TRIBUNNEWS.COM, SURABAYA - Sebanyak 24 elemen masyarakat di Surabaya menyuarakan ajakan kepada warga masyarakat untuk menghormati hasil pemilu 2019.

Elemen yang bergabung dalam Aksi Suroboyo Damai ini menilai perselisihan pasca pemilu dikawatirkan akan menimbulkan embrio perpecahan.

"Pesta demokrasi yang seharusnya menyenangkan, kemudian menyisakan permasalahan di kemudian hari. Permasalahan ini rawan ditunggangi oleh kepentingan tertentu yang tidak baik terhadap persatuan bangsa," kata perwakilan aksi, Yuska Harimurti ketika dikonfirmasi di Surabaya, Kamis (23/5/2019).

Pihaknya menilai penyelenggaraan demokrasi di Indonesia telah berjalan sebagaimana mestinya. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menjalankan tugas dengan baik.

"KPU telah menyelesaikan tugasnya sesuai dengan tahapan dengan sangat transparan," katanya.

Sehingga, apabila masih ada masyarakat yang menemukan kekecewaan dari hasil pemilu, selaiknya untuk menempuh jalur hukum. "Jalur yang benar kan melalui Mahkamah Konstitusi (MK)," katanya.

Pihaknya juga berharap kepada elit politik untuk bersikap dewasa dan tidak melakukan ajakan provokasi. "Jangan sampai mengeluarkan statement agar membuat orang marah dan melampiaskan di jalanan," katanya.

Pihaknya juga menghimbau masyarakat untuk memilah informasi yang tersebar di berbagai media sosial. "Jangan mudah percaya dengan berita yang tersebar di media sosial. Juga, jangan percaya kepada ujaran politisi yang belum bisa dipercaya kebenarannya," katanya.

Baca selengkapnya >>>>>

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini