News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Mulai 2020 Pesawat Boeing 737-800 Next Generation Sudah Bisa Mendarat di Bandara Kalimarau

Editor: Dewi Agustina
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bandara Kalimarau. TRIBUNKALTIM.CO/GEAFRY NECOLSEN

TRIBUNNEWS.COM, TANJUNG REDEB - Mulai tahun 2020, Bandara Kalimarau bakal memiliki rute direct atau langsung ke kota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Berau, Abdurrahman kepada Tribunkaltim.co mengungkapkan, selama ini Bandara Kalimarau belum tersedia rute langsung menuju kota-kota besar di Pulau Jawa, lantaran pesawat yang beroperasi masih pesawat berukuran kecil dan sedang, seperti ATR 72, Boeing 737-300 dan Bombardier.

"Tahun 2020 nanti, Pesawat Boeing 737-800 Next Generation sudah bisa mendarat di Bandara Kalimarau," kata Abdurrahman, Senin (9/12/2019).

Boeing 737-800 NG merupakan pesawat berbadan lebar dan memiliki kapasitas 189 penumpang.

Namun Abdurrahman mengaku belum mengetahui secara persis, maskapai mana yang bakal masuk membawa pesawat berbadan lebar ini.

Baca: Rapat Kerja Kemenhub Resmi Dibuka, Ini Pesan Menhub Budi Karya

Baca: Kecelakaan Maut di Cipali, Kemenhub: Truk Akan Diwajibkan Pasang Perisai di Belakang Mobil

Baca: Masuknya Swasta Tidak Menjamin Harga Avtur Terjangkau

"Belum tahu dari maskapai mana, tapi yang jelas akan didarati pesawat berbadan lebar. Informasi ini saya dapat dari Kepala Bandara Kalimarau, hasil komunikasi bersama Kementerian Perhubungan," ungkapnya.

Abdurrahman menilai, Bandara Kalimarau sudah siap untuk didarati Pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737-800 NG.

"Karena sudah dilakukan uji kelayakan dan sudah bisa didarati pesawat besar, bahkan dengan panjang landasan pacu yang ada sekarang sudah mencukupi," ujar Abdurrahman.

Meski begitu, Abdurrahman mengatakan, landasan pacu bandara yang dibangun oleh Pemkab Berau dengan anggaran Rp 450 miliar ini tetap perlu dilakukan penambahan panjang runway.

Hal ini untuk mengantisipasi kebutuhan di masa mendatang.

"Tinggal memperjuangkan penambahan rute penerbangan. Dengan masuknya Boeing 737-800 NG, akan ada penerbangan langsung ke Jakarta atau Surabaya tanpa harus singgah dulu ke Balikpapan," ungkap Abdurrahman.

Suasana di Bandara Kalimarau, Berau. TRIBUNKALTIM.CO/GEAFRY NECOLSEN

Dengan adanya rute baru dan langsung menuju Jakarta dan Surabaya, kata Abdurrahman, maskapai penerbangan akan melirik rute ke Berau.

"Karena potensi penumpang yang menuju dua kota itu (Surabaya dan Jakarta) cukup tinggi. Selama ini masyarakat memang tidak punya pilihan lain, selain transit dulu ke Balikpapan," jelas Abdurrahman.

Bandara Kalimarau baru saja menerima penghargaan sebagai bandara terbaik selain yang dikelola oleh Angkasa Pura.

Bandara Kalimarau menduduki posisi pertama, mengalahkan ratusan bandara lain di Indonesia.

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul 2020 Bandara Kalimarau Berau Didarati Pesawat Berbadan Lebar, Bisa Langsung ke Jakarta & Surabaya

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini