News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno jawab Interpelasi: Ketika Ditanya Kita Jawab

Editor: Rachmat Hidayat
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno

Laporan Wartawan TribunPadang.com, Rizka Desri Yusfita
TRIBUNNEWS.COM,PADANG - Kritikan Anggota DPR RI asal Sumatera Barat (Sumbar), Andre Rosiade, dengan melayangkan interpelasi kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno karena kerap ke luar negeri terus bergulir. Namun, hal tersebut direspon santai Irwan Prayitno. Menurut dia, interpelasi itu suatu tuntutan yang amanatnya ada di konstitusi anggota dewan.

Irwan Prayitno mengatakan, ia menerima dengan senang hati hal yang terkait dengan interpelasi karena ini suatu amanat dan tanggung jawab. "Nanti ketika interpelasi yang ditanya kita jawab, dan yang kita tidak tahu kita beri tahu, semuanya kita jelaskan," kata Irwan Prayitno saat ditemui di Auditoium Gubernuran, Selasa (17/12/2019).

Baca: Andre Rosiade Duga Gubernur Sumbar ke Luar Negeri Setiap Bulan, Saan Mustofa: Wajar, Selama Penting

Menurutnya, interpelasi bukan suatu hal yang sebetulnya luar biasa. Karena, menurut Irwan Prayitno, interpelasi adalah suatu kegiatan yang merupakan amanat dari konstitusi untuk anggota dewan.

Bahkan, Irwan Prayitno menyatakan dirinya tak akan surut dengan adanya interpelasi tersebut. Dia merencanakan akan berangkat ke Mesir dalam waktu dekat ini.

"Setiap peluang kita datang. Dalam waktu dekat, ada satu lagi yang mau pergi, ke Mesir.Kita sudah janji dengan Grand Syaik Al Azhar, didukung dari Ketua MUI dan para pesantren di sini (Sumbar) untuk meningkatkan jumlah siswa dari Sumbar masuk ke Al azhar. Rencananya akhir bulan ini," tambah Irwan Prayitno.

Baca: Gubernur Sumbar Diduga ke Luar Negeri 12 Kali pada 2019, Humas Pemprov Sumbar: Tidak Pergi Semuanya

Menurut Irwan Prayitno, dia harus hadir dalam rangka meyakinkan upaya Sumbar untuk menambah kuota bagi siswa asal Sumbar di Al Azhar. "Itu bagus kan? Kalau gak datang bagaimana?" tanya Irwan Prayitno.

Dia juga menjelaskan, kenapa harus gubernur yang memenuhi undangan itu, karena gubernur membawa nama Sumbar. "Saya bisa saja menyerahkan ke Sekda atau Biro Bintal, ya gak dilihat. Karena yang dilihat itu gubernur. Itu contoh," ujarnya.

"Sekarang juga berlangsung MoU tanda tangan 8 item di Korea Selatan. Alhamdulillah, bisa sekda yang meneken. Pak Sekda yang pergi," tutur Irwan Prayitno.

Baca: Istri Gubernur Emosi Ancam Tembak Mati Andre Rosiade, Pemprov Sumbar Sebut Itu Hal Wajar

Ajukan Hak Interpelasi
Partai Gerindra Sumbar menginisiasi hak interpelasi kepada Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Interpelasi itu untuk menanyakan kerapnya Irwan Prayitno melakukan perjalanan ke luar negeri dan impact hasil kunjungan tersebut.

Ketua DPD Gerindra Sumbar, Andre Rosiade pun telah mengintruksikan kepada Fraksi Gerindra di DPRD Sumbar untuk menempuh jalur sesuai mekanisme yang telah diatur.

Baca: Sri Mulyani Minta Kepolisian, Kejaksaan, dan KPK Ikut Tangani Kasus Gagal Bayar Jiwasraya

Pihaknya tetap patuh pada aturan main, dan memerintahkan Fraksi Gerindra menggunakan hak-haknya sebagai anggota DPRD Sumbar. Dia berharap hak interpelasi bisa diikuti teman-teman fraksi lain, sehingga bisa jadi keputusan bulat DPRD.

Baca: Anggota DPR Saan Mustofa Sebut Kritikan Andre Rosiade pada Gubernur Sumbar sebagai Hal yang Biasa

"Kami terus melakukan penggalangan. Kami berkomunikasi dengan partai politik yang ada. Lalu fraksi Gerindra akan mempersiapkan berkas interpelasinya. Itu yang kita lakukan," ungkap Andre Rosiade kepada TribunPadang.com, Senin (16/12/2019).

Bahkan, kata Andre Rosiade, Fraksi Gerindra sudah mengirim surat ke Sekretaris Daerah Provinsi Sumbar untuk menanyakan data-data perjalanan dinas Gubernur Irwan Prayitno. "Proses terus berjalan," imbuh Andre Rosiade.

Andre Rosiade yang baru menjabat Ketua DPD Gerindra Sumbar ini dalam pengajuan hak interpelasi, mulanya menghubungi Ketua Fraksi Gerindra dan anggota DPRD dari Gerindra.Termasuk juga Sekretaris Gerindra yang baru Ismunandi Syofyan untuk melakukan pembicaraan di internal fraksi.

"Saya sebagai Ketua DPD Gerindra yang baru menyampaikan kepada pimpinan fraksi untuk melaksanakan interpelasi," tegas Andre Rosiade.

Baca: Andre Rosiade Sebut Tak Ada Urusan dengan Istri Gubernur Sumbar saat Dapat Ancaman Tembak Mati

Gerindra, ujar Andre Rosiade, tidak menutup mata dan telinga terhadap aspirasi yang berkembang di masyarakat. Menurutnya, ada keresahan di tengah masyarakat, di mana hampir setiap bulan Gubernur Sumbar berkunjung ke luar negeri.

Sementara, baru-baru ini di Sumbar tengah terjadi bencana yang membuat warga kehilangan harta benda bahkan nyawa.

Baca: Andre Rosiade Duga Gubernur Sumbar ke Luar Negeri Setiap Bulan, Saan Mustofa: Wajar, Selama Penting

"Bayangkan, 22 November hari tanggap darurat Solok Selatan. Kini 16 Desember 2019, hampir sebulan sejak tanggal itu. Pak Gubernur, sudah berkunjung belum ke Solok Selatan? Apakah Solok Selatan lebih jauh daripada Kolombia bagi Gubernur Sumbar?"Kok bisa berkunjung ke Kolombia, sementara ke Solok Selatan tidak?" tanya Andre Rosiade.

Baca: Andre Rosiade Pertanyakan Dana Kunjungan Gubernur Sumbar ke Luar Negeri, Pemprov: Siap Tanya Jawab

Menurut Andre, seharusnya pertanyaan tersebut tinggal dijawab oleh Gubernur Sumbar. "Kita bertanya di interpelasi itu, kita ingin tahu alasan Pak Gubernur suka dan hampir tiap bulan ke luar negeri?," tutur Andre Rosiade.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini