News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Wawancara Eksklusif

Bisnis Sewa Private Jet Melesat Dua Kali Lipat di Masa Pandemi (1)

Editor: cecep burdansyah
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Direktur PT Indojet Sarana Aviasi, Stefanus Gandi

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR - Di saat perusahaan penerbangan komersial di Indonesia goyah akibat dihantam badai pandemi Covid-19, perusahaan penerbangan private jet justru makin banyak peminatnya.

Untuk mengetahui pertumbuhan bisnis tersebut, Tribun Bali mewawancarai Direktur PT Indojet Sarana Aviasi, Stefanus Gandi di parking stand General Aviation Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Rabu (1/9). Berikut petikan wawancaranya:

Bagaimana bisnis transportasi private jet di masa pandemi Covid-19 dan saat pemberlakuan PPKM Jawa-Bali?

Selama PPKM ini berjalan lancar. Penerbangan private jet malah cenderung meningkat ya. Karena orang lebih aware melakukan perjalanan pribadi lebih aman.

Selama PPKM ini kami bisa terbang ke mana saja yang mungkin tidak bisa dijangkau oleh penerbangan komersial. Dibanding sebelum pandemi itu kenaikannya dua kali lipat.

Biasanya alasan dari tamu-tamu adalah keamanan perjalanan. Perjalanan dengan private jet secara pribadi jauh lebih aman juga efisiensi waktu dan keterbatasan penerbangan di pesawat komersial mengharuskan mereka mengambil private jet.

Rute mana saja yang dapat ditempuh dan kota mana tujuan paling banyak para penumpang private jet?

Selama ini semua penerbangan ke seluruh bandara di Indonesia kami terbangi. Lebih banyak ke dalam negeri selama pandemi ini.

Mungkin trafik kita 90 persen dalam negeri, sisanya 10 persen luar negeri, seperti ke Singapura, Malaysia dan sesekali ke Australia.

Yang paling banyak itu menerima perjalanan bisnis trip, paling banyak itu ke Kalimantan, Sulawesi dan ke Bali salah satunya. Lainnya mungkin untuk short break atau liburan pendek ke Labuan Bajo dan sebagian juga ke Bali.

Siapa saja yang paling banyak memanfaatkan penerbangan private jet selama pandemi Covid-19?

Kebanyakan tamu yang kita angkut penumpang umum yang punya budget tentunya. Kedua, penumpang yang bepergian untuk keperluan bisnis atau bisnis trip.

Dari awal pandemi saja sampai sekarang mereka tetap jalan. Konsisten saja. Rute Bali dari dulu selalu ramai ya, tujuannya banyak. Ada yang memang liburan. Kemudian juga yang urusan bisnis itu sih ke Bali biasanya.

Di saat PPKM Level 4 Jawa-Bali dilakukan pembatasan anak-anak usia di bawah 12 tahun untuk melakukan perjalanan udara, bagaimana dengan private jet?

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini