News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Gempa di NTT

Ini Wilayah Pantai di NTT yang Sempat Dilanda Tsunami Setinggi 7 Cm Siang Ini

Editor: Hasanudin Aco
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Gempa Terkini NTT 14 Desember 2021

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Gempa bumi tektonik M 7.4 yang mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT) telah mengakibatkan tsunami di Desa Marapokot, Kecamatan Aesesa, Kabupaten Nagekeo, NTT.

Berdasarkan hasil pemutakhiran peringatan dini Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tsunami akibat gempa ini sudah naik ke daratan.

"Pemutakhiran, tsunami akibat gempa magnitudo 7.4 SR telah terdeteksi di Marpokot,0.07 meter. Tercatat 7 cm di Tide Gauge," kata Rahmat Troyono, Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami di BMKG, Selasa (14/12/2021).

Untuk diketahui, lokasi gempa tersebut berpusat di titik koordinat 7.59 LS, 122.26 BT dengan kedalaman 12 kilometer Laut Flores.

Dalam menyikapi kondisi ini, pemerintah provinsi, kabupaten, kota yang berada pada status siaga diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk melakukan evakuasi.

Baca juga: Gempa Bumi dan Tsunami Terjadi di Daerah NTT Hari Ini, Berikut Penjelasannya

Pemerintah provinsi, kabupaten, kota yang berada pada status waspada diharap memperhatikan dan segera mengarahkan masyarakat untuk menjauhi pantai dan tepian sungai.

Gempa ini dirasakan di sejumlah wilayah dengan intensitas yang bervariasi yakni : IV MMI Ruteng, IV MMI Labuan Bajo, IV MMI Larantuka, IV MMI Maumere, IV MMI Adonara, IV MMI Lembata, III MMI Tambolaka, III MMI Waikabubak, III MMI Waingapu, II-III MMI Makassar, II-III MMI Takalar, II-III MMI Pangkep.

Diimbau Jauhi Pantai

Bupati Flores Timur Antonius Hadjon mengimbau masyarakat untuk menjauhi wilayah pantai untuk mengantisipasi potensi tsunami.

Hal tersebut diinstruksikan menyusul gempa bermagnitudo 7,5 yang terjadi di sebelah barat laut Larantuka, Nusa Tenggara Timur pada Selasa (14/12/2021) pukul 10.20 WIT.

“Kita sudah perintahkan untuk pulang semua ke rumah dan menjauhi wilayah pantai untuk berjaga-jaga ya karena pasti ada susulan lagi, peringatan dari BMKG tadi,” ucap Anton di Breaking News Kompas TV.

Hingga kini, lanjut Anton, kondisi di Larantuka masih aman dan sudah mulai kondusif.

Anak-anak sekolah, kata Bupati Flores, sudah mulai libur pada hari ini sehingga tidak ada aktivitas di sekolah-sekolah.

Sementara di perkantoran, pegawai yang saat gempa keluar menyelamatkan diri sudah diinstruksikan untuk kembali ke rumah.

>
Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini