News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Rumah Warga di Belitung Timur Kebakaran, Bermula dari Padamkan Kompor Minyak Tanah Pakai Kain Basah

Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Rumah Ching Fongan warga Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, terbakar karena memasak menggunakan kompor minyak

TRIBUNNEWS.COM, BELITUNG - Rumah Ching Fongan alias Baba Panjang (84) warga Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Bangka Belitung, terbakar pada Selasa (25/1/2022) pukul 09.30 WIB.

Baba menuturkan, kejadian yang nyaris membakar hampir semua bagian rumahnya itu, bermula saat istrinya sedang memasak menggunakan kompor minyak tanah di dapur rumahnya.

Baca juga: Niat Baik Berujung Maut, Pria di Medan Tewas Terbakar saat Berusaha Pisahkan Teman Bertengkar

Setelah selesai masak, istrinya mau mematikan kompor tersebut menggunakan kain basah.

"Namun ternyata api tersebut tidak mati malah membesar. Lalu, kami berusaha menyiramnya dengan air ternyata tidak paham dan merembet ke benda-benda di sekitar," kata Baba.

Warga sekitar dan TNI/Polri terlihat berusaha membantu memadamkan kebakaran tersebut, namun api terlanjur membesar.

Baca juga: Pabrik Sepatu dan Sandal di Sidoarjo Jatim Terbakar

Beruntung petugas pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Belitung Timur tidak lama kemudian datang membawa empat armada damkar.

Kepala BPBD Kabupaten Belitung Timur, Rusman, mengatakan, saat petugas damkar datang, api sudah membesar sehingga harus bekerja ekstra untuk memadamkannya.

Proses pemadaman api, lanjutnya, agak kesulitan karena dapur rumah yang terbuat dari papan sehingga dengan cepat api menjalar ke seluruh bagian rumah.

Baca juga: Bentrok Warga di Wamena Papua, 2 Korban Meninggal, 24 Lainnya Terluka, 40 Honai Terbakar

Setelah proses pemadaman selesai pukul 11.00 WIB, baru dilakukan pendinginan dan selanjutnya Unit Identifikasi Polres Beltim memasang police line.

"Atas kejadian tersebut, korban mengalami kerugian diperkirakan sebesar Rp250 juta. Barang yang terbakar di antaranya dua motor serta surat-surat berharga lainnya. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," jelas Rusman. (Bryan Bimantoro)

Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Rumah Warga Belitung Timur Ini Terbakar Akibat Matikan Kompor Minyak Tanah Pakai Kain Basah

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini