News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Legislator Dorong Pengembangan Pariwisata Jawa Timur Melalui Media Digital

Penulis: Chaerul Umam
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Anggota Komisi I DPR Slamet Ariyadi dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator, Jumat (10/2/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Anggota Komisi I DPR Slamet Ariyadi mengatakan, perkembangan teknologi saat ini, memberikan dampak positif dan angin segar bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Berbicara pariwisata, banyak pariwisata di Jawa Timur khususnya di wilayah Madura yang perlu kita kembangkan melalui digital, karena saya yakini bahwa sinergi antara pemerintah daerah dan anak-anak muda yang kreatif dalam dunia digital memiliki peranan penting untuk memajukan pariwisata di wilayah Jawa Timur," kata Slamet dalam webinar Ngobrol Bareng Legislator, Jumat (10/2/2023).

Menurutnya, pariwisata merupakan salah satu penggerak perekonomian dunia yang telah terbukti mampu memberikan kontribusi terhadap kemakmuran sebuah negara.

Kahfi Septian Mawarni sebagai Narasumber mengatakan bahwa, Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pariwisata yang cukup banyak.

Baca juga: Pemerintah Bidik Pendapatan dari Sektor Pariwisata Tembus Rp111,7 Triliun di 2023

“Indonesia saat ini mengalami kemajuan di bidang pariwisata yang cukup pesat, menempati urutan ke-9 dari 30 negara versi WTTC Travel and Tourism Power and Performance, namun hal tersebut belum membuat pariwisata di Indonesia dikenal secara keseluruhan," ujarnya.

Belum maksimalnya pariwisata di Indonesia salah satunya disebabkan oleh pengemasan daya tarik wisata yang kurang maksimal.

“Perkembangan digital menjadi salah satu solusi bagaimana mengemas pariwisata menjadi daya tarik yang amat luar biasa di mata dunia melalui promosi yang dikemas dengan menarik," kata Kahfi.

Selain itu, Pemuda Inspirasi Kemenpora RI, Faiz Arsyad menjelaskan, alasan pengembangan pariwisata melalui digital.

“Alasan menggunakan digital dalam pengembangan pariwisata ialah dengan digital kita akan menghemat waktu dan biaya, komunikasi akan jauh lebih mudah, serta dapat menjangkau orang lebih luas sehingga digital ini dapat mendatangkan banyak orang untuk datang ke tempat destinasi pariwisata tersebut," katanya.

Pesatnya perkembangan teknologi tersebut dapat memberikan insight baru, pola pikir, dan kebiasaan dalam membangun sektor pariwisata untuk meningkatkan ekonomi rakyat. (*)

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini