News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Erupsi Gunung Merapi

Erupsi Gunung Merapi, Pemkot Magelang Semptor Alun-alun dan Bagikan 10 Ribu Masker

Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Warga berjalan di Dukuh Stabelan, Desa Tlogolele, Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali saat hujan abu Merapi, Sabtu (11/3/2023). Warga tampak santai, meski hujan abu semakin tebal

TRIBUNNEWS.COM, KOTA MAGELANG -  Imbas dari hujan abu Gunung Merapi, Pemerintah Kota Magelang lakukan penyemprotan di sekitar Alun-Alun Kota Magelang.

"Jadi kami hari ini sudah lakukan rapat bersama, jadi malam ini kami mulai lakukan penyemprotan di beberapa area public space, mulai alun-alun dan sekitarnya," kata Pj Sekretaris Daerah Kota Magelang , Larsita dalam keterangan pada (11/3/2023).

Baca juga: Erupsi Merapi: 24 Kali Keluarkan Awan Panas hingga Warga Krinjing Magelang Berlakukan Jaga Malam

Ia melanjutkan, selain penyemprotan Pemkot Magelang juga membagikan sebanyak 10 ribu masker kepada masyarakat.

"Kami berbagi masker kepada masyarakat, untuk membantu masyarakat agar tidak terganggu pernapasannya . Kemudian, kami juga menyiapkan distribusi obat-obatan yang terkait dengan iritasi mata dan pernafasan. (Didistribusikan) pada semua puskemas dan posko yang ada dalam langka mengantisipasi kepada masyarakat kota Magelang yang membutuhkan. Tak hanya itu, kami juga menyediakan layanan PSC 119 kalau ada masyarakat yang membutuhkan kesehatan itu melayani selama 24 jam,"ungkapnya.

Sementara itu, untuk imbauan kepada masyarakat pasca terjadinya hujan abu.

Pihaknya mengatakan, agar masyarakat tidak keluar rumah jika tidak ada keperluan mendesak.

Baca juga: Tradisi Warga Tlogolele Boyolali, Buat Api Unggun di Depan Rumah Sikapi Erupsi Gunung Merapi

"Andai kata keluar rumah pun harus pakai masker agar tidak terpapar abu yang mengatakan kesehatan.Kami juga akan mengimbau kepada masyarakat melalui jajaran kami untuk kerja bakti massal untuk membersihkan abu di rumah masing-masing," ungkapnya.

Adapun terkait kerusakan pasca diterjang abu Gunung Merapi , Larsita mengatakan, sejauh ini tidak ada laporan fasilitas umum yang mengalami kerusakan.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Magelang , M. Mansyur mengimbau kepada masyarakat agar tidak pergi dahulu ke luar rumah, terlebih yang tua atau yang punya kendala seperti orang sakit.

Baca juga: Berjarak 5 Km dari Merapi, Desa Krinjing Diguyur Abu Vulkanik Setebal Satu Sentimeter

Serta, warga masyarakat diminta untuk jaga kesehatan jasmani ( Tribunjogja.com )

Penulis: Nanda Sagita Ginting

Artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul Pasca Diterjang Abu Gunung Merapi, Pemkot Magelang Lakukan Penyemprotan di Alun-Alun Kota Magelang

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini