News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat Susi Air Dibakar di Papua

Ini Isi Surat KKB yang Dititipkan ke Pilot Susi Air: Minta Dunia Akui Kemerdekaan Papua Barat

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Kapten Philip Mark Mertens. Ini Isi Surat KKB yang Dititipkan ke Pilot Susi Air: Minta Dunia Akui Kemerdekaan Papua Barat

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menitipkan surat kepada pilot maskapai Susi Air yang ada di Distrik Jila, Kabupaten Mimika, Papua Tengah. 

Dalam video unggahan Kompas TV, pada Jumat (17/3/2023), surat berkop Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPN-PB) berisi pesan kepada seluruh negara dunia internasional maupun nasional dan Selandia Baru terkait penyanderaan pilot Susi Air, Captain Philip Mark Mehrtens.

Surat tersebut meminta negara-negara di seluruh dunia untuk mengakui atau memerdekakan bangsa Papua Barat.

Bila permintaan ini tidak diproses, TPN-PB akan tetap bertahan hingga dunia kiamat. 

Selandia Baru selaku negara dari keluarga pilot Susi Air juga diminta memproses permintaan pengakuan kemerdekaan Papua Barat.

Surat dari KKB yang dititipkan kepada pilot Susi Air yang mendarat di Distrik Jila, Mimika, Papua Tengah, Kamis (16/3/2023). (Dokumen Ops Damai Cartenz)

Adapun Kepala Operasi Damai Cartenz Kombes Faizal Ramadhani mengatakan pilot Susi Air atas nama LR yang dititipkan surat tak ditahan oleh KKB, yang bersangkutan langsung dilepas setelah menitipkan surat tersebut.

"Tidak ada penahanan, setelah surat diberikan mereka melepas pilot yang saat ini sudah kembali ke Timika," kata Faizal.

Berikut isi lengkap surat KKB yang dititipkan pilot Susi Air di Jila Mimika.

Surat pemberitahuan kepada seluruh negara-negara di dunia internasional maupun nasional. Sampai dengan negara Selandia Baru.

Bahwa kami dari TPN-OPM Makodap III disampaikan beberapa poin tentang disandera pilot di distrik Paro maupun disampaikan di internasional sampai dengan nasional.

Oleh karena itu tentang pilot yang disandera oleh tuan Ignasius Kogoya adalah tugas untuk diminta kepada seluruh dunia internasional-nasional diproses tentang pengakuan / kemerdekaan bangsa West Papua Barat.

Demikian juga di negara di internasional-nasional-negara Selandia Baru.

Jika kalau tidak diproses tentang bangsa Papua maka kami masih bertahan sampai dunia kiamat. Sehingga kami diminta proses kemerdekaan bangsa West Papua kepada negara di dunia yaitu internasional dan nasional sampai dengan keluarga besar dari pilot Selandia Baru.

Baca juga: KKB Titipkan Surat kepada Pilot Susi Air Berkebangsaan Afrika Selatan yang Mendarat di Jila Mimika

Dengan toko-toko gereja se-dunia sampai Paus di Roma.

Tembusan di sandera PBB Antonio di meja hijau maka kami sampaikan kepada seluruh negara dunia internasional-nasional dibawah ini untuk proses kepada bangsa Papua yaitu;

1. Kepada bapak Paus di Roma
2. Yang terhormat kepada toko-toko gereja di Pasifik Salomon,
3. Yang terhormat kepada pengumpulan bangsa-bangsa majelis umum PBB tuan Antonio di Jenewa.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini