News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Tim SAR Gabungan Temukan Korban Terakhir Tenggelamnya Kapal Evelyn Calisca di Riau

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Johnson Simanjuntak
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Bakamla RI melalui unsur KN. Sarotama - P.112 milik Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai (KPLP) yang tergabung dalam Patroli Bersama Bakamla RI tahun 2023 melaksanakan evakuasi korban kapal SB Evelin Calisca 01 yang terbalik akibat menabrak Tunggul Nipah yang hanyut di perairan Sungai Tawar, Kecamatan Kateman, Kabupaten Inhil, Riau, Jumat (28/4/2023). (Bakamla RI/TRIBUNNEWS)

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tim SAR Gabungan menemukan korban terakhir yang dinyatakan hilang akibat terbaliknya Kapal SB Evelyn Calisca 01 di Perairan Guntung, Riau, pada hari ini, Sabtu (29/4/2023).

Pencarian korban pada hari ini dimulai sejak Pukul 07.00 WIB di sekitar lokasi kejadian dengan luas area sejauh 80 Nm.

Pada Pukul 07.53 WIB, Tim SAR Gabungan menemukan korban berjenis kelamin perempuan diduga atas nama Charmel Zhalma Allaya yang berumur 17 tahun.

"Setelah didentifikasi oleh pihak kepolisian Kabupaten Indragiri Hilir bahwasanya korban memang yang kita cari ya, itu satu orang korban kapal SB Evelyn Calisca 01 yang terbalik" ucap Kepala Kantor SAR Pekanbaru, I Nyoman Sidakarya, melalui keterangan tertulis, Sabtu (29/4/2023).

Sidakarya mengungkapkan korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia di tepi sungai Perairan Guntung dalam keadaan telungkup.

Korban ditemukan kurang lebih jarak 1 Nm dari lokasi kejadian.

"Selanjutnya korban dievakuasi dan akan diserahkan ke pihak keluarga," ucap Sidakarya.

Sehingga data penumpang korban tenggelamnya kapal Evelyn Calisca 01 berjumlah 76 orang, dengan rincian yang selamat 64 orang, dan meninggal dunia 12 Orang.

Penemuan korban terakhir ini membuat tim SAR menghentikan operasi pencarian.

"Terima kasih kami ucapkan atas kerja samanya tim SAR Gabungan, semoga tetap sinergi. Dengan ditemukannya korban maka Ops SAR Kapal SB Evelyn Calista saya nyatakan ditutup," pungkas Sidakarya.

Unsur yang terlibat dalam operasi SAR ini berasal dari Pos SAR Tembilahan, Unit Siaga SAR Kep. Meranti, Polres Inhil, Polairud Inhil, TNI AL, TIM DVI Polda Riau, Bea dan Cukai Tembilahan, Bea dan Cukai Pekanbaru, Polsek Kateman, BPBD INHIL, Koramil Kateman, KPLP Tanjung Uban, Babinsa Guntung, Koramil Kateman, KSOP Sungai Guntung, Bakamla dan Masyarakat Guntung.

Baca juga: Tim SAR Cari Satu Korban Tenggelamnya Kapal Evelyn Calista

Seperti diketahui, Kapal Cepat SB Evelyn Calista tujuan Tanjung Pinang dari Tembilahan Kab. Inhil mengalami kecelakaan di sekitar perairan guntung pulau burung, pada Kamis, 27 April 2023.

SB Evelyn Calista 01 alami kecelakaan sekitar setengah jam setelah berangkat dari Pelabuhan Tembilahan tujuan Tanjung Pinang. 
 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini