News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pesawat Susi Air Dibakar di Papua

Pilotnya Tak Kunjung Dibebaskan, Susi Pudjiastuti: Kalau Disuruh Menyelamatkan Saya Minta Bom ke TNI

Penulis: Danang Triatmojo
Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sebagai owner Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat hingga kini belum bisa menemukan keberadaan Kapten Philip. Susi Pudjiastuti marah besar karena pilot mereka Kapten Philips tak kunjung bisa dibebaskan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Susi ingin binta bom ke TNI untuk membebaskan pilotnya.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan yang juga pemilik maskapai Susi Air, Susi Pudjiastuti marah besar karena pilot mereka Kapten Philips tak kunjung bisa dibebaskan dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Susi Pudjiastuti mengatakan bila dirinya diminta menyelamatkan pilotnya sendiri maka ia akan meminta bom kepada TN, dan mengebom sendiri pasukan KKB sendirian di Papua.

Kemarahan Susi Pudjiastuti ini disampaikan dalam rekaman sambungan telepon dengan pendeta Karela Phil Erari seperti ditayangkan Kompas TV, pada Sabtu (6/5/2023).

"Saya marah, kalau tanya saya, saya mau apa, kalau saya disuruh menyelamatkan pilot saya sendiri, saya akan minta bom sama TNI. Saya bom semua sendiri, saya marah," kata Susi Pudjiastuti.

Sementara itu Pendeta Karela Phil Erari, mengatakan bakal segera ke Jakarta untuk berbicara dengan pemerintah dan berharap ada tindak lanjut lebih lagi perihal pembebasan Kapten Philips dari KKB pimpinan Egianus Kogoya.

"Betul-betul. Oke bu Susi senang bisa bicara, minggu depan saya ke Jakarta nanti saya pengen bisa untuk coba minta beliau segera mengeluarkan perpres untuk memastikan bahwa kapten philip segera dibebaskan dan segera harus ada tindakan terhadap Egianus Kogoya dengan teman-teman," ungkapnya.

Baca juga: Mahfud MD Sebut Ada 2 Kesulitan TNI-Polri Bebaskan Pilot Susi Air dari KKB

Video rekaman pesan pilot pesawat Susi Air Kapten Philip Mark Mertens tersebar, Faizal meyakini ini adalah bagian dari tak-tik KKB. (Tribun-Papua.com)

Sejarah Munculnya KKB yang Kini Membakar Pesawat Susi Air di Papua dan Menyandera Pilotnya

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua yang dipimpin oleh Egianus Kogoya kembali melakukan aksi kejahatan.

KKB membakar pesawat Susi Air Pilatus Porter PC 6/PK-BVY di Distrik Paro, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pengunungan, pada Selasa (7/2/2023) kemarin pagi.

Pembakaran pesawat Susi Air yang dilakukan KKB disampaikan langsung oleh Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Operasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM), Sebby Sambom.

"Sesuai laporan Egianus Kogoya, mereka telah melakukan aksi pembakaran pesawat Susi Air dengan nomor registrasi PK-BVY di lapangan terbang distrik Paro," kata Sebby, Selasa (7/2/2023), TribunPapua.

Baca juga: Perkiraan Harga Pesawat Susi Air yang Dibakar di Papua oleh KKB Tembus Rp 15 Miliar

Tak hanya melakukan pembakaran pesawat Susi Air, KKB juga menyandera pilot pesawat Susi Air, Captain Philips Marthen (37).

Captain Philips Marthen merupakan Warna Negara Asing (WNA) Selandia Baru.

Lantas, bagaimana sejarah munculnya KKB?

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini