News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Wapres: Pemerintah Sekarang telah Memperbaiki Soal Pendidikan Anak Daerah Perbatasan

Penulis: Gita Irawan
Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin usai menghadiri acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2023 di Semarang Jawa Tengah pada Minggu (23/7/2023).

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNNEWS.COM, SEMARANG - Wakil Presiden RI KH Ma'ruf Amin menanggapi pertanyaan terkait nasib pendidikan anak Indonesia di daerah perbatasan saat ini.

Ia tidak memungkiri beberapa daerah perbatasan dulu memiliki pendidikan yang tertinggal ketimbang daerah lain di Indonesia.

Namun demikian, kata dia, saat ini pemerintah telah memperbaiki infrastruktur di daerah-daerah perbatasan khususnya di daerah 3T.

Menurut Ma'ruf hal itu di antaranya agar anak-anak di perbatasan tidak dididik justru oleh negara tetangga.

Baca juga: Wapres Minta Mahkamah Agung Tetapkan Status Hukum Anak-anak dari Pernikahan Beda Agama

Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri acara puncak Peringatan Hari Anak Nasional 2023 di Semarang Jawa Tengah pada Minggu (23/7/2023).

"Di daerah itu kita kan pemerintah sekarang memperbaiki kondisi daerah-daerah perbatasan yang kita sebut 3T dan kita berikan berbagai fasilitas, jalan, pendidikan supaya mereka itu tidak dididik oleh justru daerah negara tetangga kita," kata dia.

Ia menjelaskan sejumlah infrastruktur yang diperbaiki pemerintah di antaranya fasilitas pendidikan, akses jalan, hingga pasar. 

"Ini semua dilakukan dengan baik dengan memberilan fasilitas-fasilitas pendidikan. Bukan hanya pendidikan tapi juga infrastruktur, sehingga perbatasan kita itu jauh lebih baik dari perbatasan negara lain. Baik di Timor Leste, Papua Nugini, juga Kalimantan," sambung dia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini