News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Area Pencarian Kapal Nelayan Kilat Maju Jaya-7 yang Hilang Kontak di Samudra Hindia Diperluas

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tim SAR gabungan saat melakukan pencarian kapal nelayan Kilat Maju Jaya-7, Minggu (17/3/2024). Kapal tersebut diketahui hilang kontak di Samudera Hindia pada Rabu (13/3/2024) lalu saat akan kembali ke Dermaga Cimiring, Cilacap.

Laporan Wartawan  Tribun Jateng Pingky Setiyo Anggraeni

TRIBUNNEWS.COM, CILACAP - Pencarian kapal nelayan Kilat Maju Jaya-7 dengan 10 ABK yang hilang kontak di Samudera Hindia sejak Rabu (13/3) lalu terus dilakukan oleh tim SAR gabungan.

Hingga Minggu (17/3) kemarin, tim SAR gabungan memperluas area pencarian hingga kawasan muara Bogowonto.

Kepala Basarnas Cilacap Adah Sudarsa mengatakan upaya pencarian kapal nelayan yang dilakukan tim SAR gabungan sesuai dengan rencana awal, yakni membagi tim SAR gabungan menjadi 3 SRU.

"Sesuai dengan rencana pencarian, tim SAR dibagi menjadi 3 SRU, mulai dari penyisiran darat dan penyisiran di air," katanya kepada Tribunbanyumas.com

Disebutkan Adah bahwa SRU 1 melakukan penyisiran di permukaan air menggunakan kapal Polairud Cilacap di perairan Nusakambangan.

Baca juga: Kemenhub: 10 Kapal Siap Angkut Pemudik Motor di Pelabuhan Ciwandan

Petugas juga melakukan penyisiran di darat menggunakan ATV mulai dari pantai Teluk Penyu hingga pantai Menganti, Cilacap.

"Di sana para petugas juga menginformasikan kepada nelayan, potensi SAR, masyarakat terkait insiden kapal hilang kontak," katanya.

Untuk SRU 2 petugas melakukan penyisiran darat menggunakan rescue trail dari pantai Ayah sampai pantai Wedi Putih, Kebumen.

"Petugas juga melakukan pemantauan di Bukit Pedalen, Kebumen dengan menerbangkan drone kearah laut untuk melakukan pemantauan lebih luas," ungkapnya.

Sementra itu SRU 3 dari USS Congot melakukan penyisiran darat menggunakan rescue trail sejauh 10 kilometer dari muara Bogowonto hingga pantai Cubung Jangkang.

Namun rupanya pencarian terhadap kapal Kilat Maju Jaya-7 yang membawa 10 ABK hingga sore kemarin belum membuahkan hasil.

Adapun pencarian dilanjutkan hari ini Senin (18/3) mulai pukul 07.00 WIB.

Diberitakan sebelumnya kapal nelayan Kilat Maju Jaya-7 yang mengangkut 10 orang ABK dilaporkan hilang kontak di Samudera Hindia pada Rabu (13/3/2024) lalu.

Kapal tersebut diketahui hilang kontak saat sedang kembali ke Dermaga Cimiring, Cilacap saat cuaca buruk. (pnk)

 
Artikel ini telah tayang di TribunJateng.com dengan judul Tim SAR Gabungan Perluas Pencarian Kapal Hilang Kontak hingga Ke Muara Bogowonto

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini