News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Idul Adha 2024

Sapi Kurban Jokowi di Jembrana Bali Kagetkan Warga, Bangkit Lagi Setelah Disembelih 

Editor: Theresia Felisiani
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi Sapi Simental dengan berat 1,2 ton pemberian Presiden Joko Widodo (Jokowi]) di Masjid Istiqlal, Jakarta, Senin (17/6/2024). Sapi kurban sumbangan Presiden Jokowi di Masjid Taqwa, Banjar Dauh Pangkung, Jembrana Bali kagetkan banyak orang, bangkit lagi usai disembelih.

TRIBUNNEWS.COM, BALI - Sapi kurban seberat 825 kilogram sumbangan Presiden Jokowi di Masjid Taqwa, Banjar Dauh Pangkung, Kecamatan Pekutatan, Jembrana, Bali kagetkan banyak orang.

Pada momen Iduladha Senin (17/6/2024) sapi tersebut bangkit lagi beberapa saat setelah disembelih.

Butuh bantuan sekira 30 orang untuk menaklukkan sapi berukuran besar itu.

Setelah lehernya disembelih, sapi tersebut malah bangkit dan tegak berdiri lagi.

Panitia akhirnya membiarkan sapi itu tersungkur kembali.

Seorang panitia pemotongan hewan di lokasi tersebut mengatakan bahwa dalam aturan Islam, sapi tidak boleh disembelih lebih dari satu kali.

Oleh karena itu, mereka menunggu hingga sapi benar-benar mati setelah disembelih pertama kali.

"Lebih baik kami tunggu sampai mati," kata panitia.

Baca juga: Sapi Kurban Ngamuk, Anggota Polisi Polres Dharmasraya Terseret hingga Beberapa Meter

Sementara itu dilansir dari Kompas.com, Ketua Panitia Qurban Idul Adha Masjid Taqwa Pekutatan, Haji Dirmawan, menjelaskan bahwa sapi kurban dari presiden ini adalah jenis sapi Bali yang diambil dari peternak di Kabupaten Gianyar dengan berat 825 kg.

"Memang menjadi pusat perhatian (sapi presiden) sekitar 300 warga menyaksikan. Dan kami tidak pernah mengajukan terkait kurban ini, memang rezeki dari Tuhan, jadi kami diberikan sapi kurban oleh presiden," ujar Dirmawan.

Sapi kurban tersebut datang pada 16 April 2024 dan diserahkan langsung kepada Takmir Masjid Taqwa Pekutatan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Provinsi Bali. Pemeriksaan kesehatan dilakukan sebelum dan sesudah pemotongan.

"Alhamdulillah, kami sangat bersyukur dengan kurban kali ini, apalagi adanya sapi dari presiden. Kami sangat berterima kasih kepada presiden dan pemerintah, semoga bantuan kurban tahun ini menjadi berkah. Semoga di tahun yang akan datang, pemerintah dan presiden membawa sapi kurban kembali ke Masjid Taqwa," kata Dirmawan.

Baca juga: Penampakan Sapi Kurban Megawati Mirip Banteng Bobot 2 Ton, Sapi Kurban Jokowi di Semarang 1 Ton

Semua hewan kurban yang diterima, termasuk bantuan presiden, sudah diperiksa oleh petugas dan dinyatakan sehat.

"Untuk daging kurban ini kami jadikan satu, jadi tidak ada perbedaan dan harus adil. Dari seluruh daging kurban termasuk bantuan presiden itu kami bagi menjadi 400 KK, jadi harus kebagian semuanya," jelas Dirmawan lagi.

Bantuan sapi kurban oleh Presiden Joko Widodo ini merupakan bantuan sapi kurban kedua kalinya yang diterima masyarakat Jembrana.

Bantuan sapi kurban pertama disalurkan di Masjid Agung Baitul Qodim di Kelurahan Loloan Timur, Kecamatan Jembrana, pada Idul Adha 2022.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Saat Sapi Kurban Jokowi di Bali Bangkit Lagi dan Berdiri Tegak Setelah Disembelih

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini