News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Beli BBM Kena Biaya Admin Rp5 Ribu di SPBU Denpasar, Pengawas Berkilah Begini

Editor: Erik S
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tangkapan layar video viral di sosial media yang menunjukkan adanya biaya admin Rp 5 ribu di sebuah SPBU yang ada di Kota Denpasar, Bali.

TRIBUNNEWS.COM, DENPASAR -  Konsumen mengeluhkan biaya administrasi Rp5.000 saat membeli bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertamax di SPBU 54.80153 di Jl. Pulau Komodo, Dauh Puri Klod, Denpasar Barat, Denpasar, Bali.

Dinukil dari Tribun Bali, kejadian tersebut terjadi pada Selasa 13 Agustus 2024 dan mengunggahnya ke media sosial.

Video berdurasi 27 detik tersebut diunggah oleh akun @romansasopirtruck dan banyak dikomentari oleh netizen mempertanyakan hal yang sama oleh perekam tersebut.

Baca juga: Harga Pertamax di Jabodetabek dan Jawa Naik Jadi Rp13.700, Ini Update Harga BBM di SPBU Pertamina

Ulah operator

Sejumlah personel Satreskrim Polresta Denpasar kemudian mendatangi SPBU tersebut dan bertemu dengan manajemen SPBU secara tertutup.

Tidak berselang lama, tiga orang di mana dua di antaranya perempuan berseragam merah diduga merupakan operator yang melakukan pungutan Rp 5 ribu dan satu orang laki-laki berseragam hitam diduga merupakan atasan dua orang wanita itu keluar ruangan dan terburu-buru menuruni anak tangga.

Di parkiran sepeda motor awak media mencoba meminta keterangan seorang laki-laki yang berseragam hitam tersebut.

“Ini kejadiannya di sini tapi saya tidak tahu persis juga. Saya pas tidak ada di sini. Tidak ada (kebijakan admin Rp 5 ribu). Dari manajemen tidak ada masalah pungutan-pungutan itu, tidak ada. Itu inisiatif operator saja,” ucap Pengawas SPBU, Nyoman Sukirta disela akan menuju Polresta Denpasar bersama anggota Reskrim.

“Sementara cukup ya ini karena kita harus segera ke kantor. Oke makasih ya,” kata seorang anggota Reskrim yang mendampingi Pengawas SPBU tersebut.

Dari pantauan jurnalis tribunbali.com di lapangan, dua orang perempuan diduga operator yang melakukan pungutan berboncengan dengan satu sepeda motor, sementara Nyoman Sukirta menaiki sepeda motor sendiri.

Lalu anggota Satreskrim Polresta Denpasar mengikuti mereka dari belakang dengan sepeda motor juga.

Sebelumnya Nyoman Sukirta pun memberikan keterangan melalui video, di mana dalam video itu dirinya meminta maaf.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan terima kasih atas masukannya. Kami pihak SPBU telah melakukan pembinaan terhadap operator yang bersangkutan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dan kami tetap komitmen meningkatkan pelayanan ke konsumen. Untuk masukan dan saran bisa juga mengontak call center 135. Terima kasih,” ucapnya dalam video klarifikasi.

Biaya admin

Sebelumnya, akun @romansasopirtruck mengunggah video tersebut. Pada unggahan itu ditulis caption: 

“Sejak kapan ngisi BBM di SPBU Pertamina ada biaya admin sebesar 5000? Cerita singkatnya, mas ini tiap ngisi BBM selalu isi pertamax, sebesar 100ribu, tapi yang masuk diisi cuma sebesar 95ribu. Yang 5ribu katanya buat biaya admin. 

Baca juga: BREAKING NEWS: Harga BBM Pertamax Naik Jadi Rp 13.700 per Liter

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini