News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pusaran Awan Gelap Picu Angin Puting Beliung Bikin Resah, Begini Penjelasan BMKG Stasiun Bandung

Editor: Eko Sutriyanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

ILUSTRASI - Detik-detik angin puting beliung yang menerjang wilayah Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, terekam video.

Laporan kontributor Tribunjabar.id Rahmat Kurniawan

TRIBUNNEWS.COM, BANDUNG - Pusaran awan gelap yang diduga sebagai pemicu angin puting beliung terlihat di wilayah Kertamulya, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Rabu (11/2024) siang. 

Hadirnya fenomena tersebut membuat warga setempat resah.

Bahkan, videonya pun beredar di media sosial.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat belum menerima secara resmi terkait adanya fenomena angin puting beliung tersebut.

"Kita sedang cek ke Desa dan Kecamatan soal informasi itu," kata petugas lapangan BPBD Bandung Barat, Suheri, Rabu (11/9/2024).

Baca juga: Angin Puting Beliung Tewaskan Dua Warga di Deli Serdang

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandung, Teguh Rahayu mengatakan bahwa angin puting beliung lazim terjadi saat masa peralihan musim atau pancaroba.

"Iya, jadi ini (puting beliung) kan salah satu potensi yang ditimbulkan di kondisi tersebut (peralihan cuaca)," ujar Teguh Rahayu.

Teguh Rahayu mengimbau kepada masyarakat khususnya yang tinggal wilayah perbukitan atau pegunungan untuk meningkatkan kewaspadaan.

Pasalnya, masa pancaroba akan mengakibatkan terjadinya cuaca ekstrem seperti hujan lebat disertai petir hingga angin kencang yang dapat meningkatkan potensi bahaya di wilayah tersebut.

"Kemudian pada daerah dataran rendah, supaya waspada potensi banjir dan genangan. Kemudian waspada juga petir dan angin kencang," pungkasnya.


Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Gumpalan Awan Puting Beliung Terlihat di Bandung Barat, BMKG Minta Warga Waspada

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini