News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Kembangkan Ekonomi Kreatif, Amanah Latih Mahasiswa dan Pemuda Aceh Kelola Industri Musik

Penulis: Fahdi Fahlevi
Editor: Wahyu Aji
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat memberikan fasilitas generasi muda berkarya di bidang musik dan audio production.

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Aneuk Muda Aceh Unggul Hebat (Amanah) memasilitasi generasi muda berkarya di bidang musik dan audio production. 

Selain menyediakan studio musik dengan peralatan yang canggih, mereka juga menggelar pelatihan untuk mengotimalkan penggunaannya.

“Hari ini kita mendapatkan pelatihan dari Amanah. Ada instruktur-instruktur di sini yang membantu kita. Untuk hari ini kita belajar basic fundamental audio production,” kata salah seorang peserta pelatihan, Ridho Brilian Laksamana, Kamis (12/9/2024).

Kegiatan kali ini diberi tajuk “Soundcraft with Amanah: Menguasai Teknik Sound Engineering dan Produksi Musik”. Pelatihan digelar di studio musik Gedung Amanah, Kawasan Industri Aceh (KIA), Desa Ladong Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar.

Peserta berasal dari kalangan mahasiswa dan pemuda lainnya. 

Ridho dan para peserta yang datang dari berbagai daerah di Provinsi Aceh merasa beruntung diberi kesempatan mengikuti pelatihan kali ini.

“Alhamdulillah menurut pengakuan teman-teman juga sangat membantu karena sebelumnya di Aceh jarang ada pelatihan seperti ini, yang khusus untuk teman-teman (operator) audio di sini,” tutur Ridho. 

Sebagian besar di antara peserta mengaku baru pertama kali mencoba peralatan berteknologi mutakhir seperti di studio musik Amanah. 

Materi yang dipelajari di antaranya cara mengoperasikan mixer digital dan juga penggunaan Digital Audio Workstation (DAW).

Selain itu, instruktur profesional yang didatangkan dari Jakarta juga mengenalkan penggunaan ruangan-ruangan di studio musik Amanah. Yakni, ruang rehearsal, ruang vokal dan ruang monitoring yang masing-masing berukuran cukup luas.

“Setelah saya lihat-lihat, untuk pertama kalinya kita anak-anak Aceh bisa menikmati studio rekaman yang mempunyai alat-alat yang cukup memadai. Sangat memadai, bahkan. Cukup profesional,” ujar Ridho.

Sejumlah peserta yang berprofesi sebagai penyedia jasa produksi audio mengaku sangat terbantu dengan fasilitas dari Amanah. 

Alasannya, studio dan peralatan yang ada di Gedung Amanah terbilang paling maju dan lengkap di wilayah Aceh saat ini.

Keberadaan Gedung Amanah diharapkan dapat meningkatkan kreativitas generasi muda Aceh, khususnya di bidang produksi musik dan audio. 

Ridho pun optimistis program unggulan Presiden Joko Widodo itu bisa memajukan perekonomian warga.

“Mewakili teman-teman, harapannya ada tempat ini untuk membantu kami para pelaku audio production untuk terus belajar kemudian bisa kembali semangat untuk bikin karya. Pokoknya produktif dan menghasilkan,” pungkasnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini