News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Ekspor Produk Perikanan Jateng Terus Meningkat, Sekda Tekankan Pentingnya Hilirisasi

Editor: Content Writer
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno, di acara Temu Pelaku Usaha Pengolahan Ikan Jateng, di Hotel Gumaya Semarang, Selasa (22/10).

TRIBUNNEWS.COM - Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sumarno mendorong hilirisasi di sektor perikanan. Musababnya dari tahun ke tahun, ekspor produk olahan ikan Jateng terus meningkat.

"Produk ikan juga harus ada hilirisasi. Sehingga kalau ikan dikirim ke luar negeri itu sudah jadi produk olahan dan itu nilai tambahnya lebih tinggi," ujar Sumarno usai acara Temu Pelaku Usaha Pengolahan Ikan Jateng, di Hotel Gumaya Semarang, Selasa, 22 Oktober 2024.

Sumarno mengatakan, dukungan Pemprov Jateng terhadap potensi produk perikanan di luar negeri terus dilakukan dengan menggandeng banyak pihak.

"Kami bekerja sama dengan Bank Indonesia Perwakilan Jateng, untuk memfasilitasi para pelaku UMKM supaya bisa mengenalkan produk-produk olahan ikan Jateng di luar negeri," katanya.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Fendiawan Tiskiantoro membeberkan, ekspor produk olahan ikan Jateng nilainya terus meningkat. Pada tahun 2022, ekspornya mencapai 63.445 ton atau senilai Rp4,1 triliun, kemudian tahun 2023 angkanya naik menjadi 78.399 ton dengan nilai transaksi sebesar Rp4,3 triliun. 

Sementara itu, pada periode Januari hingga September 2024, ekspor olahan ikan Jateng tercatat sebanyak 66.181 ton dengan nilai transaksi sebesar Rp3,9 triliun.

Adapun saat ini terdapat 77 Unit Pengolahan Ikan (UPI) di Jawa Tengah yang berorientasi ekspor. Sementara 8.521 UPI berorientasi pada pasar lokal.

Sebagian besar tersebar di Pantai Utara Jateng, meliputi Tegal, Batang, Pekalongan, Semarang, Pati, hingga Rembang, dan sebagian kecil di Cilacap.

Komoditas produk ikan asal Jateng yang banyak diminati konsumen luar negeri antara lain rajungan dengan tujuan utama Amerika Serikat.

Selain itu udang vaname, cumi-cumi, ikan layur, ikan kakap, serta surimi atau lumatan daging ikan sebagai bahan pembuatan nuget, bakso ikan, dan menu olahan ikan lainnya dengan negara tujuan Jepang, Vietnam, dan Thailand.

 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini