News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Seleb

AM Hendropriyono Ketua Umum PAPPRI Periode 2017 - 2022 Menggatikan Tantowi Yahya

Penulis: FX Ismanto
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

AM Hendropriyono selaku Ketua Umum PAPPRI periode 2017 - 2022 melantik pengurus PAPPRI Periode 2017-2022, Senin (27/11/2017) bertempat di Gedung Wijaya Kusuma. Jalan Raya Mabes hankam No.45. Ceger, Cipayung, Jakarta Timur.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fx Ismanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak kelahirannya pada 18 Juni 1987 silam hingga 2017 ini, PAPPRI (Persatuan Artis Penyanyi Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia) telah mengalami 5 kali pergantian Ketua Umum. Pada periode awal PAPPRI dipimpin oleh Heinz Enteng Tanamal atau lebih dikenal dengan nama Bung Enteng, yang sekaligus juga merupakan tokoh sentral berdirinya organisasi ini.

Pria berdarah Ambon ini memimpin PAPPRI selama dua periode, yaitu tahun 1986 hingga 1994. Kemudian pada periode berikutnya Ketua Umum PAPPRI berlanjut ke tangan H.TB Sadikin Zuhra. Beliau juga memimpin PAPPRI selama dua periode, yaitu tahun 1994-2002.

AM Hendropriyono selaku Ketua Umum PAPPRI periode 2017 - 2022 melantik pengurus PAPPRI Periode 2017-2022. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Pemegang estafet ketua DPP PAPRI selanjutnya adalah Drs. Dharma Oratmangun. Seperti para pendahulunya, Dharma juga memimpin gerbong PAPPRI selama 2 periode, yaitu 2002-2012. Pada Konggres PAPPRI ke VI yang diselenggarakan pada bulan Juli 2012, PAPPRI memutuskan Tantowi Yahya sebagai Ketua Umum untuk masa bhakti 2012 - 2017.

Dalam konggres ke VI ini pula Kepanjangan PAPPRI yang ketika itu bernama Persatuan Artis Pencipta Lagu dan Penata Musik Rekaman Indonesia diubah menjadi “Persatuan Artis Penyanyi Penciptalagu dan Pemusik Republik Indonesia” sampai sekarang.

Seiring waktu berjalan, pada 2017 ini kepemimpinan Tantowi Yahya berakhir, namun karena alasan kesibukannya di dunia politik, dan disaat bersamaan Tantowi juga dipercaya Presiden RI. Joko Widodo untuk menjadi Duta Besar RI di New Zealand dan Kerajaan Samoa, maka Tantowi tidak bersedia untuk dicalonkan untuk menjabat keduakalinya.

AM Hendropriyono selaku Ketua Umum PAPPRI periode 2017 - 2022 melantik pengurus PAPPRI Periode 2017-2022. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Pada Rakernas PAPPRI yang digelar di Jakarta pada 9 hingga 11 Maret 2017, memunculkan nama AM. Hendropriyono yang sebelumnya lebih dikenal di dunia militer dan intelijen, terpilih menjadi Ketua Umum PAPPRI ke 5.

Hendropriyono memeng lebih dikenal sebagai tokoh TNI AD yang sekaligus juga tokoh Intelijen RI. Namun demikian beliau juga aktif sebagai seorang pencipta lagu. Puluhan karyanya telah dipublikasikan, beberapa karya beliau juga ada yang dinyanyikan oleh artis terkenal saat ini yaitu Delon (jebolan Indonesian Idol) dan Siti Badriah serta Sherly May. Bahkan Delon dan Siti Badriah berhasil menyabet gelar AMI Awards untuk kategori Kolaborasi Dangdut Kontemporer Terbaik, membawakan buah karya dari Hendropriyono.

Pada hari ini Senin 27 Nopember 2017, AM. Hendropriyono selaku Ketua Umum akan melantik dan mengukuhkan kepengurusan PAPPRI periode 2017-2022. Banyak harapan dari kepemimpinan beliau agar PAPPRI menjadi lebih berguna dan bermanfaat. Tidak hanya untuk para anggota PAPPRI saja, tetapi untuk seluruh pelaku musik dan masyarakat Indonesia.

AM Hendropriyono selaku Ketua Umum PAPPRI periode 2017 - 2022 melantik pengurus PAPPRI Periode 2017-2022. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Namun demikian tantangan juga tidak sedikit, sebab seiring perjalanan waktu musik dan industrinya terus berjalan, sehingga berbagai PR seperti kasus pembajakan, perlunya Union Artis, perlunya Undang Undang Musik, sertifikasi pekerja musik dan lain lain mendesak untuk segera diwujudkan.

“ Tantangan kepengurusan PAPPRI di periode 2017-2022 ini tidaklah ringan, namun berangkat dari apa yang saya tau dan apa yang saya lihat bahwa para seniman pemusik, penyanyi, pencipta lagu dan para tokoh tokoh musik di luar sana bisa hidup layak, sementara yang terjadi di kita jauh dari itu, kalaupun ada bisa dihitung dengan jari, atau malah nyaris tidak ada yang 100% hidup dari musik. Oleh karena itu ketika ada permintaan dari para seniman seperti Enteng Tanamal, Tantowi Yahya dan kawan kawan meminta saya untuk maju menjadi kandidat Ketua Umum PAPPRI tanpa pikir panjang langsung saya sanggupi. Karena sejalan dengan apa yang saya tahu dan saya rasakan selama ini, ” ujar Hendropriyono saat press Conference di, Gedung Wijaya Kusma, Jakarta Timur.

Lebih lanjut AM. Hendropriyono mengatakan “ kedepan PAPPRI dan seluruh kepengurusan periode 2017-2022 harus semakin mengibarkan budaya Nasional, agar para seniman kita bisa bersaing dengan para musisi dari luar, tidak terus menerus terdesak oleh para musisi atau seniman dari luar. Selain itu kita harus mengangkat harkat dan martabat para musisi atau seniman kita agar bisa bersaing atau sejajar dengan para seniman lain di dunia, ” tambah Hendro Priyono.

“Dewan Pimpinan Pusat (DPP PAPPRI) Periode 2017-2022 merupakan perintis dan pendekar dalam kebijakan pemerintah RI, untuk mengembangkan kreatifitas serta hak dan kewajiban para musisi, terhadap kepribadian bangsa kita dibidang kebudayaan, " pungkas Hendro Priyono.

AM Hendropriyono selaku Ketua Umum PAPPRI periode 2017 - 2022 melantik pengurus PAPPRI Periode 2017-2022. (TRIBUNNEWS.COM/TRIBUNNEWS.COM/FX ISMANTO)

Dalam acara pelantikan tersebut hadir beberapa pejabat pemerintahan serta para musisi top dan para tokoh yang masuk dalam jajaran kepengurusan PAPPRI dibawah kepemimpinan beliau, diantaranya ; Glenn Fredly, Once Mekel, Anang Hermansyah, Yovie Widianto, Andre Hehanusa, Tika Bisono, Lisa A Riyanto, Dwiki Dharmawan, Ayu Soraya, Dina Mariana, Ermy Kullit, James F. Sundah, dan lain lain. Selain itu ada juga tokoh tokoh seperti Gories Mere, Benny J. Mamoto, Diaz Hendropriyono dan lain lain.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini