News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Vokalis The Cranberries Meninggal

Selebritas yang Pernah Gangguan Bipolar: Dari Dolores O'Riordan Sampai Kurt Cobain

Penulis: Ruth Vania C
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Vokalis grup band The Cranberries, Dolores O Riordan.

Tribunnews/Ruth Vania

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Istilah "gangguan bipolar" kembali menjadi topik hangat pembicaraan menyusul kematian vokalis The Cranberries, Dolores O'Riordan.

Meninggal dunia pada Senin (15/1/2018) di sebuah hotel di London, Inggris, Dolores O'Riordan diketahui memiliki riwayat gangguan bipolar semasa hidupnya di usia dewasa.

Gangguan bipolar merupakan gangguan mental yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang ekstrem, antara suasana hati baik dan buruk.

Bipolar dapat membuat penderitanya merasa sangat antusias dan bersemangat, lalu secara drastis tiba-tiba menjadi depresi dan putus asa, bahkan sampai terpikir untuk bunuh diri.

Banyak selebritas yang pernah mengalami gangguan mental tersebut dan kebanyakan disebabkan oleh tekanan hidup dan depresi berat.

Saking banyaknya selebritas yang menderita gangguan itu, banyak ahli kesehatan jiwa yang kemudian mengaitkannya dengan tren depresi di kalangan industri kreatif.

Dolores O'Riordan

Dokter pernah mendiagnosa O'Riordan dengan gangguan bipolar, yang kemudian diceritakan oleh sang vokalis pada 2017 lalu.

O'Riordan mengatakan, gangguan tersebut terkait dengan depresi yang dialaminya akibat kematian ayahnya pada 2011, setelah begitu lama melawan penyakit kanker.

Demi Lovato

Akibat depresi lantaran pernah jadi korban perundungan, bintang dan penyanyi jebolan Disney ini sempat mengalami gangguan bipolar pada 2010, sebelum akhirnya menjalani terapi rehabilitasi.

Gangguan bipolar membuat Lovato juga menderita bulimia, kecanduan narkotika dan alkohol, cenderung emosional, serta kerap menyakiti dirinya sendiri.

Kurt Cobain

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini