News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Catat! On Stage Edisi 9 Tampilkan Grup Musik Eksperimental Senyawa di TBJT 27 Januari 2022

Penulis: Galuh Widya Wardani
Editor: Ayu Miftakhul Husna
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Studio Plesungan akan hadirkan konser musik edisi khusus dengan menampilkan grup musik asal Yogyakarta, Senyawa, Kamis (27/1/2022).

TRIBUNNEWS.COM - Sebuah pertunjukan bagi penikmat musik eksperimental, Studio Plesungan (ruang kreatif yang didirikan oleh Melati Suryodarmo) akan hadirkan konser musik edisi khusus yang menampilkan grup musik asal Yogyakarta, Senyawa, Kamis (27/1/2022).

Pertunjukan yang akan dirangkai dalam satu program On Stage Edisi 9 ini akan digelar pukul 19:30 - 22:00 WIB di Teater Arena, Taman Budaya Jawa Tengah Surakarta.

Berdasarkan rilis yang diterima Tribunnews Senin (24/1/2022), acara akan terbagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama menampilkan karya-karya kontemporer dan dilanjutkan dengan agenda sharing session bersama seniman.

Dua agenda ini dikemas agar tercipta satu kesatuan pemahaman antara penampil dengan penonton.

Penonton diberikan waktu untuk lebih dekat dan mengenal para penampil karya, di antaranya adalah Rully Shabara (vokal) dan Wukir Suryadi (komposer musik).

Baca juga: Ermy Kulit Sapa Penggemar Musik Jazz Lagi Lewat Lagu Melodi Asmara

Baca juga: Menggiurkan, Ini Peluang Industri Musik Raih Cuan dalam Dunia Metaverse

Melalui kekuatan perpaduan eksplorasi dari vokal Rully Shabara dan dipadu dengan kedalaman ragam bunyi instrumen musik ciptaan Wukir Suryadi, Senyawa mengajak penonton memasuki cakrawala bunyi ragam motif tradisional Indonesia yang menyatu dengan hibrida musik kontemporer.

Tak main-main, karya-karya Senyawa berhasil menembus percaturan musik dunia dengan kekhasan komposisi musik ekperimentalnya. 

Hingga pernah menjajaki banyak panggung festival dan klub under ground ternama di seluruh dunia.

Seperti MONA FOMA Festival di Tasmania, Art Basel Switzerland, Café Oto di London, Cyptic Festival Glasgow,
dan Resonate Festival Belgrade Serbia.

Senyawa juga pernah mengisi di Festival CTM di Berlin, RBMA Brasil, Festival Jazz Kopenhagen, Festival UNSOUND Polandia, Festival Clandestino di Swedia, Teatro Degollado di Meksiko, Lab San Francisco, Festival Victoriaville di Kanada, Pioneer Works di NYC dan Oct Loft Jazz Festival di Cina.

Studio Plesungan akan hadirkan konser musik edisi khusus dengan menampilkan grup musik asal Yogyakarta, Senyawa, Kamis (27/1/2022). (istimewa)

Grup musik yang terbentuk tahun 2010 ini juga dikabarkan pernah berkolaborasi dengan banyak musisi terkenal seperti Stephen O`Malley, Yoshida Tatsuya, Robert AA Lowe, Otomo Yosihide, Lucas Abela, KK Null dan Keiji Haino.

Baca juga: Upayakan Kolintang Diakui UNESCO, PINKAN Indonesia Gelar Seni Kreasi Musik Khas Minahasa di Thamrin

Juga Rabih Beaini, Greg Fox, Arrington De Dionyso, Melt Banana, Damo Suzuki, Jerome Cooper, Justin Vernon, Oren Ambarchi, David Shea, Trevor Dunn dan Kazu Ushihashi.

Pada 2012, mereka berkolaborasi dengan pembuat film asal Prancis Vincent Moon untuk sebuah film documenter berjudul Calling The New Gods.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini