News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Anak Pejabat Pajak Aniaya Remaja

Karier Hancur hingga Dijerat Kasus Korupsi, Rafael Alun Ikhlas, Tak Mau Buat Anaknya Merasa Bersalah

Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Tersangka kasus dugaan korupsi, Rafael Alun Trisambodo saat diwawancarai eksklusif oleh Kompas TV terkait harta yang dimilikinya dan disita oleh KPK.

TRIBUNNEWS.COM - Karier puluhan tahun Rafael Alun Trisambodo di Kementerian Keuangan seketika hancur berantakan. Ia diberhentikan secara tidak hormat.

Mantan Kepala Bagian Umum Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Jakarta Selatan itu, juga menghadapi proses hukum terkait dugaan gratifikasi usai ditetapkan tersangka korupsi oleh KPK. Harta kekayaannya disita. 

Rafael menyadari masalah tersebut imbas kelakuan anaknya, Mario Dandy Satriyo, yang saat ini ditahan sebagai tersangka penganiayaan David Ozora.

Namun, Rafael menerima kenyataan tersebut dengan lapang dada. Ia memaafkan anaknya.

"Saya bertemu beberapa kali, ketika bertemu, ya memang saya peluk dia, dia menangis. Saya mengucapkan kata-kata, saya sudah memaafkan dia," ucap Rafael kepada Ni Putu Trisnanda, jurnalis Kompas TV seperti dikutip dari video channel Youtube KompasTV.

Baca juga: Bantah SDB Rp 37 M Terkait Gratifikasi, Rafael Alun: Biar Istri dan Anak Tidak Tahu

Bagi Rafael, apapun yang dilakukan Mario hingga berdampak pada keluarga, merupakan konsekuensi yang harus ia terima sebagai orangtua.

"Saya sudah menerima itu, jangan membuat Mario merasa berkecil hati atau merasa selalu bersalah, yang sudah terjadi ya sudahlah, saya maafkan," lanjut dia.

Dalam pertemuan itu, Rafael kemudian menyampaikan kepada Mario untuk bertobat dan minta maaf kepada David Ozora.

"Dia harus melakukan pertobatan, meminta maaf, bahkan ketika ananda David belum sadar, saya sampaikan kepada dia kamu harus bertobat, panggil namanya dalam hatimu, sebut namanya dalam hatimu, minta maaf bilang kamu akan jadi sahabatnya, kamu akan menjadi temannya, dan minta ananda David untuk bangun segera sadar."

"Saya yakin kalau kamu bertobat sungguh-sungguh maka david akan bangun dan sembuh seperti semula, itu saya sampaikan."

Jonathan tarik ucapannya soal pemberian maaf, ia tak mau jika pemberian maaf kepada Mario Dandy Cs justru dimanfaatkan untuk meringankan hukuman. (Kolase Twitter @seeksixsuck dan Tangkap Layar Kompas Tv)

Rafael juga mengaku sudah minta maaf kepada keluarga David, termasuk ayahandanya. Ia sadar yang dilakukan Mario terhadap David memang di luar batas.

"Saya bersila di lantai meminta maaf memang apa yang dilakukan anak saya ini memang di luar batas. Saya sebagai orangtuanya juga meminta maaf apabila yang terjadi ini mungkin karena saya lalai dalam mendidik anak saya," ucap Rafael.

Namun, diakui Rafael dalam keseharian sebagai orangtua, selalu berusaha mendidik, tak melepaskan anaknya mengambil keputusan sendiri.

Baca juga: Vonis Kekasih Mario Dandy AG Ditargetkan Sebelum Idul Fitri

"Selalu mendampingi dia, mengarahkan dia untuk dapat meraih cita-citanya," ucap Rafael.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini