News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Berita Kpop

Baekhyun, Xiumin, Chen Mengaku Dipaksa SM Entertainment Tanda Tangani Kontrak Budak selama 20 Tahun

Penulis: Salma Fenty Irlanda
Editor: Tiara Shelavie
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ketiga Member EXO, Baekhyun, Xiumin, dan Chen. Ketiganya mengungkap perlakuan buruk SM Entertainment yang memaksa mereka menandatangani kontrak budak.

TRIBUNNEWS.COM - Subunit EXO yang terdiri dari Chen, Baekhyun, dan Xiumin atau lebih dikenal dengan EXO-CBX mengungkapkan fakta kejam di balik agensi yang menaungi mereka, SM Entertainment.

Baekhyun, Xiumin, dan Chen memutuskan untuk mengakhiri kontrak mereka dengan SM Entertainment lantaran merasa mendapatkan perlakuan tidak adil.

Melalui kuasa hukum mereka, Lee Jae Hak menyebut, para artis SM Entertainment, termasuk Baekhyun, Chen, dan Xiumin dipaksa menandatangani kontrak budak selama 20 tahun.

Baca juga: SM Entertainment Ungkap Dugaan Penyebab Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO Akhiri Kontrak

Kontrak tersebut berlangsung sejak masa trainee atau kepelatihan mereka.

"Setelah SM menandatangani kontrak jangka panjang dengan artis yang berlangsung selama 12 hingga 13 tahun di masa lalu, mereka mendorong artis untuk menandatangani kontrak eksklusif berikutnya sekali lagi, menghasilkan kontrak jangka panjang yang berlangsung setidaknya selama 17 hingga 18 tahun atau lebih," jelas Lee Jae Hak, dikutip dari Koreaboo, Jumat (2/6/2023).

Selama itu pula lah, Baekhyun, Xiumin, dan Chen tidak mendapatkan transparansi keuangan dari SM Entertainment.

Dan pada saat meminta salinan keuangan, SM Entertainment selalu berkelit.

"SM Entertainment mempertahankan posisi yang tidak adil dengan menyatakan bahwa mereka tidak dapat memberikan salinan laporan tersebut."

"SM telah berulang kali melakukan penyalahgunaan kekuasaan seperti ini," imbuh Lee Jae Hak.

Dikarenakan hal itu, para artis SM Entertainment hanya mengetahui bagian mereka dari catatan yang dibuat agensi secara pihak.

"Selama periode kontrak eksklusif jangka panjang tersebut, para artis hanya mempercayai penjelasan SM tentang jumlah penyelesaian dan menerima bagian mereka hanya dengan mengacu pada laporan yang dibuat secara sepihak oleh SM, yang tidak memiliki bukti spesifik dan objektif," tegasnya.

Kronologi Akhiri Kontrak

Tiga member EXO yaitu Baekhyun, Xiumin, dan Chen telah meminta untuk mengakhiri kontrak ekslusif mereka dengan SM Entertainment.

Pada 1 Juni, melalui perwakilan hukum LIN, Baekhyun, Xiumin, dan Chen EXO memberitahukan pemutusan kontrak ekslusif tersebut telah dikirim ke SM Entertainment.

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini