News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Seniman Mural Darbotz Hadirkan Karya yang Keluar dari Zona Nyaman

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Willem Jonata
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Darbotz merupakan salah satu seniman mural asal Indonesia.

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Darbotz merupakan salah satu seniman mural asal Indonesia yang dikenal luas tidak hanya di dalam negeri tapi juga di mancanegara.

Karya-karyanya telah mendunia, digunakan oleh berbagai brand ternama yakni Nike, DC Shoes, Google, dan lainnya.

Selain itu, karyanya Darbotz turut ditampilkan di ruang seni digital Kala.Borasi, Paris Van Java Bandung.

Ia mengaku dalam menciptakan karya mural memanfaatkan kecagihan teknologi dari produk Apple yaitu iPad dan Apple Pencil yang menjadi medium dalam menuangkan karya-nya.

“Dengan dua perangkat ini,  saya menemukan cara baru untuk mengekspresikan diri, mengubah dunia seni menjadi kebangkitan digital dan mengingatkan dunia bahwa seni tidak terbatas pada satu kalimat, tetapi merupakan refleksi yang terus berkembang dari imajinasi dan inovasi,” ujar Darbotz di sela-sela kolaborasinya dengan Digimap di Jakarta belum lama ini.

Sebelum diajak kerja sama dengan Digimap, mengaku ering membuat karya melalui Macbook Air.

Baca juga: Penampakan Mural God of War Ragnarok di Kota Tua Jakarta: Ada Thor, Kratos, Atreus, dan Ondel-ondel

Diakuinya pria yang merahasiakan identitasnya ini, penggunaan perangkat elektronik ini bisa membantunya kerja di mana-mana.

"Dengan perangkat ini aku bisa kerja di mana-mana dan gue orangnya bisa mobile," katanya.

Dalam kolaborasi dengan Digimap, Darbotz keluar dari zona nyamannya yang biasanya menggunakan warna hitam putih yakni menambahkan sedikit aksentuasi warna lain.

Kolaborasi ini pun turut melibatkan kecanggihan teknologi dari produk Apple yaitu iPad dan Apple Pencil yang menjadi medium Darbotz dalam menuangkan karyanya.

Terkait kerjasamanya dengan Digimap, Darbotz tidak berfikir lama untuk memutuskan bahkan karya kolaborasi itu juga dibuat dalam waktu singkat yakni yakni sekitar satu minggu.

“Karya ini inspirasinya adalah human connection karena sesuatu itu bisa didapatkan dengan kemajuan teknologi, tapi ujung-ujungnya semua adalah dari manusia itu sendiri,” katanya.

Farah Fausa Winarsih, Head Of Marketing PT Map Zona Adiperkasa mengatakan, pihaknya menggandeng Darbotz dengan tujuan memperluas cakrawala artistry Indonesia yang memiliki potensi yang luar biasa.

"Projek kolaborasi kedua ini, wujud mengapresiasi seniman Indonesia dan menginspirasi generasi seniman muda dalam berkarya," katanya.

Kerjasama ini diwujudkan penciptaan exclusive merchandise yang terinspirasi dari nilai jual unik Digimap terhadap trend yang dipadupadankan dengan gaya urban khas Darbotz, perpaduan ini menghasilkan design visual yang memiliki daya tarik yang estetik.

"Merchandise ini akan menjadi nilai tambah yang sangat stylish bagi pelanggan setia Digimap di PIM 3,” ujar Farah.

Farah menambahkan, pihaknya juga menggelar kampanye #iChooseCreativity mengajak seluruh pengunjung Pondok Indah Mall 3 untuk mengunjungi instalasi di gerai Digimap PIM 3, Ground Floor dan Satellite di area Skybridge, lantai 2 mulai dari 17 Juni 2023 hingga 2 Juli 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini