News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

Pembagian Keuntungan Bagi Atletik Dikurangi Komite Olimpiade

Editor: Dewi Pratiwi
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ilustrasi

TRIBUNNEWS.COM - Komite Olimpiade akan mengurangi deviden yang akan diperoleh pada olimpiade 2012 di London untuk cabang olahraga Atletik.

Komite Olimpiade akan membagi 519 US dolar ke 26 cabang olahraga yang berpartisipasi di Olimpiade 2012 London. Pembagian akan didasarkan pada peringkat setiap cabang Olahraga.

Atletik, biasanya menjadi cabang terbanyak yang menerima keuntungan selama ini dan ada di grup A. Dan seperti tahun-tahun sebelumnya, Atletik berharap mendapat pembagian sebesar 47 dolar AS kali ini tetapi nampaknya harapan ini akan sirna.

Komite Olimpiade mengumumkan bahwa pembagian keuntungan yang akan diberikan di Olimpiade Rio De Janeiro tahun 2016 akan dibagi dalam 5 kelompok tidak 4 kelompok seperti biasa.

Akibat penambahan grup ini, atletik yang biasanya berpesta sebagai penerima keuntungan terbanyak kini tidak bisa lagi.

"Atletik akan mendapat pembagian keuntungan yang lebih sedikit dibandingkan sebelumnya. Cabang olahraga senam dan renang akan naik ke grup A," ujar Andrew Ryan, eksekutif direktur asosiasi olimpiade musim panas internasional.

Untuk grup B, cabang yang ada di grup ini akan mendapat keuntungan sebesar 22 juta US dolar untuk setiap cabang. Sedangkan di grup C akan mendapat 16 juta US dolar. Sedangkan grup B akan mendapat 14 juta US dolar.

Selain atletik, berita buruk lainnya juga akan diterima oleh cabang berkuda, bola tangan, hoki, dasa lomba, yang akan turun grup. Tetapi tenis, bulutangkis, tinju, judo, panahan, menembak, dan angkat berat akan menerima keuntungan dari perhitungan baru ini.

Ketua Internasional Atletik Federation (IAAF), Lamime Dick tidak terlalu risau dengan pengurangan keuntungan yang diberikan komite olimpide.

"Kami adalah cabang olahraga universal jadi tidak masalah. Senam dan renang juga cabang yang bagus," tuturnya.

Namun Dick heran dengan perubahan ini yang tidak mempertimbangkan posisi atletik sebagai cabang spesial. Apalagi atletik selalu diminta untuk mengisi acara pembukaan dan penutupan.

"Pertandingan (Olimpiade) ini menjadi spesial karena ada cabang atletik. Kita lihat saja apa yang bisa dilakukan dengan uang yang berkurang itu," ujar Dick.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini