News

Bisnis

Super Skor

Sport

Seleb

Lifestyle

Travel

Lifestyle

Tribunners

Video

Tribunners

Kilas Kementerian

Images

KONI Kukar Agresif di Bawah Kendali Ria Handayani Dalam Memajukan Olahraga

Penulis: Toni Bramantoro
AA

Text Sizes

Medium

Large

Larger

Ria Handayani

TRIBUNNEWS.COM, KUTA KARTANEGARA - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kutai Kartanegara (Kukar) tampak agresif di bawah kepemimpinan Ria Handayani dalam memajukan olahraga.

Baru baru ini, wanita yang juga pernah menjadi pengurus Mitra Kukar itu membentuk koordinator wilayah (korwil) di setiap kecamatan yang ada di seluruh penjuru daerah.

Dari 18 kecamatan yang ada di Kukar, seluruhnya dibentuk korwil. Perpanjangan tangan dari KONI Kukar itu memiliki jumlah anggota sepuluh orang.

”Sehingga kami memantau dengan maksimal dan lebih dalam, Korwil merupakan kepanjangan tangan kami yang bertugas memantau semua secara detail dan fokus,” ungkap Ria Handayani.

Wanita berparas cantik itu mengaku senang dengan dibentuknya Korwil di setiap kecamatan. Dia  bisa berinteraksi langsung dengan kepengurusan di daerah.

”Isinya adalah tokoh olahraga di kecamatan tersebut, pelatih, pemain senior dan semua stake holder olahraga yang ada di kecamatan tersebut. Tentu mereka lebih paham dan sangat akrab dengan wilayahnya, dengan kondisi ini tentu akan menambah peningkatan dalam atlet dan mudah mendapatkan atlet yang berkualitas dan berbobot,” urainya.

Tentu saja, dengan terbentuknya korwil, wanita yang biasa disapa Iyya itu menilai bahwa KONI Kukar sangat berpotensi untuk mendapatkan atlet lokal asli putra putri Kukar.  

"Kami bisa mendapatkan atlet asli produk Kukar, selain itu biasanya cabor (cabang olahraga) yang berkembang di daerah terbatas. Misalnya ada catur,tenis meja, dan sepak bola. Dengan dibentuknya korwil di setiap kecamatan, kami berharap bisa melakukan sosialisasi cabor cabor lain," jelas Iyya.

Tak hanya menjaring atlet berbakat, korwil KONI Kukar juga bertujuan mencetak pelatih lokal berprestasi.

Melalui serangkaian program yang telah disusun, pelatih pelatih yang ada dilatih khusus dengan melewati beberapa ujian.

Pembentukan korwil sendiri disebutkan Iyya baru pertama kali dilakukan. Bahkan program ini belum dicoba oleh daerah lain.

Walhasil, bukan tidak mungkin strategi tersebut bisa menjadi contoh bagi daerah lain di Kaltim yang memiliki wilayah yang luas.

"Pembentukan korwil merupakan cara efektif olahraga di Kukar. Saya tidak berfikir untuk bisa ditiru oleh daerah lain, namun memang cara Korwil ini sangat efektif untuk daerah seluas dan sebesar Kukar, ini semua kami lakukan untuk berusaha terus mengejar prestasi olahraga kami," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda

Berita Populer

Berita Terkini